Rabu, 25 September 2019

Materi 1 LP: Pengertian dan Aspek-Aspek Hakikat Manusia


A.  PENGERTIAN HAKIKAT MANUSIA
      Manusia adalah makhluk bertanya, ia mempunyai hasrat untuk mengetahui segala sesuatu. Atas dorongan hasrat ingin tahunya, manusia tidak hanya bertanya tentang berbagai hal yang ada di luar dirinya, tetapi juga bertanya tentang dirinya sendiri. Dalam rentang ruang dan waktu, manusia telah dan selalu berupaya mengetahui dirinya sendiri. Hakikat manusia dipelajari melalui berbagai pendekatan (common sense, ilmiah, filosofis, religi) dan melalui berbagai sudut pandang (biologi, sosiologi, antropobiologi, psikologi, politik).

Dalam kehidupannya yang riil manusia menunjukkan keragaman dalam berbagai hal, baik tampilan fisiknya, strata sosialnya, kebiasaannya, bahkan sebagaimana dikemukakan di atas, pengetahuan tentang manusia pun bersifat ragam sesuai pendekatan dan sudut pandang dalam melakukan studinya. Alasannya bukankah karena mereka semua adalah manusia maka harus diakui kesamaannya sebagai manusia? (M.I. Soelaiman, 1988). Berbagai kesamaan yang menjadi karakteristik esensial setiap manusia ini disebut pula sebagai hakikat manusia, sebab dengan karakteristik esensialnya itulah manusia mempunyai martabat khusus sebagai manusia yang berbeda dari yang lainnya. Contoh: manusia adalah animal rasional, animal symbolicum, homo feber, homo sapiens, homo sicius, dan sebagainya.

Mencari pengertian hakikat manusia merupakan tugas metafisika, lebih spesifik lagi adalah tugas antropologi (filsafat antropologi). Filsafat antropologi berupaya mengungkapkan konsep atau gagasan-gagasan yang sifatnya mendasar tentang manusia, berupaya menemukan karakteristik yang sifatnya mendasar tentang manusia, berupaya menemukan karakteristik yang secara prinsipil (bukan gradual) membedakan manusia dari makhluk lainnya. Antara lain berkenaan dengan: (1) asal-usul keberadaan manusia, yang mempertanyakan apakah ber-ada-nya manusia di dunia ini hanya kebetulan saja sebagai hasil evolusi atau hasil ciptaan Tuhan?; (2) struktur metafisika manusia, apakah yang esensial dari manusia itu badannya atau jiwanya atau badan dan jiwa; (3)  berbagai karakteristik dan makna eksistensi manusia di dunia, antara lain berkenaan dengan individualitas, sosialitas.

Berdasarkan uraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa pengertian hakikat manusia adalah seperangkat gagasan atau konsep yang mendasar tentang manusia dan makna eksistensi manusia di dunia. Pengertian hakikat manusia berkenaan dengan “prinsip adanya” (principe de’etre) manusia. Dengan kata lain, pengertian hakikat manusia adalah seperangkat gagasan tentang “sesuatu yang olehnya” manusia memiliki karakteristik khas yang memiliki sesuatu martabat khusus” (Louis Leahy, 1985). Aspek-aspek hakikat manusia, antara lain berkenaan dengan asal-usulnya (contoh: manusia sebagai makhluk Tuhan), struktur metafisikanya (contoh: manusia sebagai kesatuan badan-ruh), serta karakteristik dan makna eksistensi manusia di dunia (contoh: manusia sebagai makhluk individual, sebagai makhluk sosial, sebagai makhluk berbudaya, sebagai makhluk susila, dan sebagai makhluk beragama).

B.    ASPEK-ASPEK HAKIKAT MANUSIA

1.       Manusia sebagai MakhlukTuhan

Manusia adalah makhluk paling sempurna yang pernah diciptakan oleh

Tuhan YME. Kesempurnaan yang dimiliki oleh manusia merupakan suatu konsekuensi fungsi dan tugas mereka sebagai khalifah di muka bumi ini. Kitab suci menerangkan bahwa manusia berasal dari tanah dengan mempergunakan bermacam-macam istilah, seperti Turab, Thien, Shal-shal, dan Sualalah.

Manusia adalah subjek yang memiliki kesadaran (consciousness) dan penyadaran diri (self-awarness). Oleh karena itu, manusia adalah subjek yang menyadari keberadaannya, ia mampu membedakan dirinya dengan segala sesuatu yang ada di luar dirinya (objek). Selain itu, manusia bukan saja mampu berpikir tentang diri dan alam sekitarnya, tetapi sekaligus sadar tentang pemikirannya. Namun, sekalipun manusia menyadari perbedaannya dengan alam bahwa dalam konteks keseluruhan alam semesta manusia merupakan bagian daripadanya. Oleh sebab itu, selain mempertanyakan asal usul alam semesta tempat ia berada, manusia pun mempertanyakan asal-usul keberadaan dirinya sendiri.

Terdapat dua pandangan filsafat yang berbeda tentang asal-usul alam semesta, yaitu (1) Evolusionisme dan (2) Kreasionisme. Menurut Evolusionisme, alam semesta menjadi ada bukan karena diciptakan oleh sang pencipta atau prima causa, melainkan ada dengan sendirinya, alam semesta berkembang dari alam itu sendiri sebagai hasil evolusi. Sebaliknya, Kreasionisme menyatakan bahwa adanya alam semesta adalah sebagai hasil ciptaan suatu Creative Cause atau Personality yang kita sebut sebagai Tuhan YME (J. Donal Butler, 1968). Menurut Evolusionisme beradanya manusia di alam semesta adalah sebagai hasil evolusi. Hal ini, antara lain dianut oleh Herbert Spencer (S.E. Frost Jr., 1957) dan Konosuke Matsushita (1997). Sebaliknya, Kreasionisme menyatakan bahwa beradanya manusia di alam semesta sebagai makhluk (ciptaan) Tuhan. Filsuf yang berpandangan demikian, antara lain Thomas Aquinas (S.E. Frost Jr., 1957) dan Al-Ghazali (Ali Issa Othman, 1987).

Dari kedua pandangan di atas (Evolusionisme dan Kreasionisme), pandangan manakah yang dapat Anda terima? Coba bandingkan dengan keyakinan Anda!

Kita memang tak dapat memungkiri tentang adanya proses evolusi di alam semesta termasuk pada diri manusia, namun atas dasar keyakinan agama tentu saja kita tak dapat menerima pandangan yang menyatakan beradanya manusia di alam semesta semata-mata sebagai hasil evolusi dari alam itu sendiri tanpa Pencipta. Di dalam metafisika khususnya dalam kosmologi, paham evolusionisme juga ditentang melalui apa yang dikenal sebagai argumen kosmologi yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang ada harus mempunyai suatu sebab. Adanya alam semesta termasuk di dalamnya manusia adalah sebagai akibat. Dalam pengalaman hidup kita menemukan adanya rangkaian sebab-akibat. Sebab pertama adalah sumber bagi sebab-sebab yang lain, tidak berada sebagai materi, melainkan sebagai "Pribadi" atau "Khalik". Argumen semacam ini antara lain dikemukakan oleh Muhammad Baqir Ash-Shadr (1991) dan Thomas Aquinas (Titus, et.al., 1959).

Oleh karena manusia berkedudukan sebagai makhluk Tuhan YME maka dalam pengalaman hidupnya terlihat bahkan dapat kita alami sendiri adanya fenomena kemakhlukan (M.I. Soelaeman, 1988), antara lain berupa pengakuan atas kenyataan adanya perbedaan kodrat dan martabat manusia daripada Tuhannya. Manusia merasakan dirinya begitu kecil dan rendah di hadapan Tuhannya Yang Maha Besar dan Maha Tinggi. Manusia memiliki keterbatasan dan ketidakberdayaannya, manusia serba tidak tahu, sedangkan Tuhan serba Maha Tahu. Manusia bersifat fana, sedangkan Tuhan bersifat abadi, manusia merasakan kasih sayang Tuhannya, namun ia pun tahu begitu pedih siksa-Nya. Semua itu melahirkan rasa cemas dan takut pada diri manusia terhadap Tuhannya, tetapi di balik itu diiringi pula dengan rasa kagum, rasa hormat, dan rasa segan karena Tuhannya begitu luhur dan suci. Semua itu menggugah kesediaan manusia untuk bersujud dan berserah diri kepada penciptanya. Selain itu, menyadari akan maha kasih sayangnya Sang Pencipta maka kepada-Nya manusia berharap dan berdoa. Dengan demikian, di balik adanya rasa cemas dan takut itu muncul pula adanya harapan yang mengimplikasikan kesiapan untuk mengambil tindakan dalam hidupnya. Adapun hal tersebut dapat menimbulkan kejelasan akan tujuan hidupnya, menimbulkan sikap positif dan familiaritas akan masa depannya, menimbulkan rasa dekat dengan penciptanya.
2.  Manusia sebagai Kesatuan Badan–Roh
Para filsuf berpendapat yang berkenaan dengan struktur metafisik manusia.
Terdapat empat paham mengenai jawaban atas permasalahan tersebut, yaitu Materialisme, Idealisme, Dualisme, dan paham yang mengatakan bahwa manusia adalah kesatuan badan-roh.

Materialisme. Gagasan para penganut Materialisme, seperti Julien de La Mettrie dan Ludwig Feuerbach bertolak dari realita sebagaimana dapat diketahui melalui pengalaman diri atau observasi. Oleh karena itu, alam semesta atau realitas ini tiada lain adalah serba materi, serba zat, atau benda. Manusia merupakan bagian dari alam semesta sehingga manusia tidak berbeda dari alam itu sendiri. Sebagai bagian dari alam semesta, manusia tunduk pada hukum alam, hukum kualitas, hukum sebab-akibat atau stimulus-respon. Manusia dipandang sebagai hasil puncak mata rantai evolusi alam semesta sehingga mekanisme tingkah lakunya (stimulus-respon) semakin efektif. Yang esensial dari manusia adalah badannya, bukan jiwa atau rohnya. Manusia adalah apa yang nampak dalam wujudnya, terdiri atas zat (daging, tulang, dan urat syaraf). Segala hal yang bersifat kejiwaan, spiritual atau rohaniah pada manusia dipandang  hanya  sebagai  resonansi  saja  dari berfungsinya badan atau organ tubuh. Pandangan hubungan antara badan dan jiwa seperti itu dikenal sebagai Epiphenomenalisme (J.D. Butler, 1968).

Plato


Idealisme. Bertolak belakang dengan pandangan materialisme, penganut Idealisme menganggap bahwa esensi diri manusia adalah jiwanya atau spiritnya atau rohaninya, hal ini sebagaimana dianut oleh Plato. Sekalipun Plato tidak begitu saja mengingkari aspek badan, namun menurut dia, jiwa mempunyai kedudukan lebih tinggi daripada badan. Dalam hubungannya dengan badan, jiwa berperan sebagai pemimpin badan, jiwalah yang mempengaruhi badan karena itu badan mempunyai ketergantungan kepada jiwa. Jiwa adalah asas primer yang menggerakkan semua aktivitas manusia, badan tanpa jiwa tiada memiliki daya. Pandangan tentang hubungan badan dan jiwa seperti itu dikenal sebagai Spiritualisme (J.D.Butler, 1968).


Dualisme. Dalam uraian terdahulu tampak adanya dua pandangan yang bertolak belakang. Pandangan pihak pertama bersifat monis–materialis, sedangkan pandangan pihak kedua bersifat monis– spiritualis. C.A. Van Peursen (1982) mengemukakan paham lain yang secara tegas bersifat dualistik, yakni pandangan dari Rene Descartes. Menurut Descartes, esensi diri manusia terdiri atas dua substansi, yaitu badan dan jiwa. Oleh karena manusia terdiri atas dua substansi yang berbeda (badan dan jiwa) maka antara keduanya tidak terdapat hubungan saling mempengaruhi (S.E. Frost Jr., 1957), namun demikian setiap peristiwa kejiwaan selalu paralel dengan peristiwa badaniah atau sebaliknya. Contohnya, jika jiwa sedih maka secara paralel badanpun tampak murung atau menangis. Pandangan hubungan antara badan dan jiwa seperti itu dikenal sebagai Paralelisme (J.D. Butler, 1968). 

Rene Descrates

Sebagai kesatuan badani-rohani, manusia hidup dalam ruang dan waktu, sadar akan diri dan lingkungannya, mempunyai berbagai kebutuhan, insting, nafsu, serta mempunyai tujuan. Selain itu, manusia mempunyai potensi untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan potensi untuk berbuat baik, potensi untuk mampu berpikir (cipta), potensi berperasaan (rasa), potensi berkehendak (karsa), dan memiliki potensi untuk berkarya. Adapun dalam eksistensinya manusia memiliki aspek individualitas, sosialitas, moralitas, keberbudayaan, dan keberagaman. Implikasinya maka manusia itu berkomunikasi, memiliki historisitas, dan dinamika.
3.       Manusia sebagai Makhluk Individu
Sebagaimana Anda alami bahwa manusia menyadari keberadaan dirinya sendiri. Kesadaran manusia akan dirinya sendiri merupakan perwujudan individualitas manusia. Manusia sebagai individu atau sebagai pribadi merupakan kenyataan yang paling riil dalam kesadaran manusia. Sebagai individu, manusia adalah satu kesatuan yang tak dapat dibagi, memiliki perbedaan dengan manusia yang lainnya sehingga bersifat unik dan merupakan subjek yang otonom.
Sebagai individu, manusia adalah kesatuan yang tak dapat dibagi antara aspek badani dan rohaninya. Setiap manusia mempunyai perbedaan sehingga bersifat unik. Perbedaan ini baik berkenaan dengan postur tubuhnya, kemampuan berpikirnya, minat dan bakatnya, dunianya, serta cita-citanya. Pernahkah Anda menemukan anak kembar siam? Manusia kembar siam sekalipun, tak pernah memiliki kesamaan dalam keseluruhannya. Setiap manusia mempunyai dunianya sendiri, tujuan hidupnya sendiri. Masing-masing secara sadar berupaya menunjukkan eksistensinya, ingin menjadi dirinya sendiri atau bebas bercita-cita untuk menjadi seseorang tertentu, dan masing-masing mampu menyatakan "inilah aku" di tengah-tengah segala yang ada.

Bayi Kembar

Setiap manusia mampu menempati posisi, berhadapan, menghadapi, memasuki, memikirkan, bebas mengambil sikap, dan bebas mengambil tindakan atas tanggung jawabnya sendiri (otonom). Oleh karena itu, manusia adalah subjek dan tidak boleh dipandang sebagai objek. Berkenaan dengan hal ini, Theo Huijbers menyatakan bahwa "manusia mempunyai kesendirian yang ditunjukkan dengan kata pribadi" (Soerjanto P. dan K. Bertens, 1983); adapun Iqbal menyatakannya dengan istilah individualitas atau khudi (K.G. Syaiyidain, 1954).

4.       Manusia sebagai Makhluk Sosial

Dalam hidup bersama dengan sesamanya (bermasyarakat) setiap individu menempati kedudukan (status) tertentu. Di samping itu, setiap individu mempunyai dunia dan tujuan hidupnya masing-masing, mereka juga mempunyai dunia bersama dan tujuan hidup bersama dengan sesamanya. Selain adanya kesadaran diri, terdapat pula kesadaran sosial pada manusia. Melalui hidup dengan sesamanyalah manusia akan dapat mengukuhkan eksistensinya. Sehubungan dengan ini, Aristoteles menyebut manusia sebagai makhluk sosial atau makhluk bermasyarakat (Ernst Cassirer, 1987).

Terdapat hubungan pengaruh timbal balik antara individu dengan masyarakatnya. Ernst Cassirer menyatakan: manusia takkan menemukan diri, manusia takkan menyadari individualitasnya, kecuali melalui perantaraan pergaulan sosial. Adapun Theo Huijbers mengemukakan bahwa dunia hidupku dipengaruhi oleh orang lain sedemikian rupa sehingga demikian mendapat arti sebenarnya dari aku bersama orang lain itu (Soerjanto P. dan K. Bertens, 1983). Sebaliknya, terdapat pula pengaruh dari individu terhadap masyarakatnya. Masyarakat terbentuk dari individu-individu, maju mundurnya suatu masyarakat akan ditentukan oleh individu-individu yang membangunnya.
Oleh karena setiap manusia adalah pribadi (individu) dan adanya hubungan pengaruh timbal balik antara individu dengan sesamanya maka idealnya situasi hubungan antara individu dengan sesamanya itu tidak merupakan hubungan antara subjek dengan objek, melainkan subjek dengan subjek. Martin Burber menyebut situasi hubungan yang terakhir itu sebagai hubungan I-Thou (Maurice S. Friedman, 1954).vBerdasarkan hal itu dan karena terdapat hubungan timbal-balik antara individu dengan sesamanya  dalam rangka mengukuhkan eksistensinya masing-masing maka hendaknya terdapat Sekolah merupakan salah satu keseimbangan antara individualitas dan bentuk interaksi sosial sosialitas pada setiap manusia.

Siswa Berdiskusi

5.  Manusia sebagai Makhluk Berbudaya
Manusia memiliki inisiatif dan kreatif dalam menciptakan kebudayaan, hidup berbudaya, dan membudaya. Kebudayaan bertautan dengan kehidupan manusia sepenuhnya, kebudayaan menyangkut sesuatu yang nampak dalam bidang eksistensi setiap manusia. Manusia tidak terlepas dari kebudayaan, bahkan manusia itu baru menjadi manusia karena bersama kebudayaannya (C. A. Van Peursen, 1957). Sejalan dengan ini, Ernst Cassirer menegaskan bahwa "manusia tidak menjadi manusia karena sebuah faktor di dalam dirinya, seperti misalnya naluri atau akal budi, melainkan fungsi kehidupannya, yaitu pekerjaannya, kebudayaannya. Demikianlah kebudayaan termasuk hakikat manusia" (C.A. Van Peursen, 1988).

Sebagaimana dinyatakan di atas, kebudayaan memiliki fungsi positif bagi kemungkinan eksistensi manusia, namun demikian apabila manusia kurang bijaksana dalam mengembangkannya, kebudayaanpun dapat menimbulkan kekuatan-kekuatan yang mengancam eksistensi manusia. Contoh: dalam perkembangan kebudayaan yang begitu cepat, sejak abad yang lalu kebudayaan disinyalir telah menimbulkan krisis antropologis. Martin Buber, antara lain mengemukakan keterhukuman manusia oleh karyanya sendiri. Manusia menciptakan mesin untuk melayani dirinya, tetapi akhirnya manusia menjadi pelayan mesin. Demikian pula dalam bidang ekonomi, semula manusia berproduksi untuk memenuhi kebutuhannya, tetapi akhirnya manusia tenggelam dan dikuasai produksi (Ronald Gregor Smith, 1959).

Kebudayaan tidak bersifat statis, melainkan dinamis. Kodrat dinamika pada diri manusia mengimplikasikan adanya perubahan dan pembaharuan kebudayaan. Hal ini tentu saja didukung pula oleh pengaruh kebudayaan masyarakat atau bangsa lain terhadap kebudayaan masyarakat yang bersangkutan. Selain itu, mengingat adanya dampak positif dan negatif dari kebudayaan terhadap manusia, masyarakat kadang-kadang terombang-ambing di antara dua relasi kecenderungan. Di satu pihak ada yang mau melestarikan bentuk-bentuk lama (tradisi), sedangkan yang lain terdorong untuk menciptakan hal-hal baru (inovasi). Ada pergolakan yang tak kunjung reda antara tradisi dan inovasi. Hal ini meliputi semua kehidupan budaya (Ernst Cassirer, 1987).
6. Manusia sebagai Makhluk Susila
Menurut Immanuel Kant, manusia memiliki aspek kesusilaan karena pada manusia terdapat rasio praktis yang memberikan perintah mutlak (categorical imperative). Contoh: jika kita meminjam barang milik orang lain maka ada perintah yang mewajibkan untuk mengembalikan barang pinjaman tersebut. (S.E. Frost Jr., 1957; P.A. Van Der Weij, 1988). Sehubungan hal itu, dapatlah dipahami jika Henderson (1959) menyatakan: "Man is creature who makes moral distinctions. Only human beings question whether an act is morally right or wrong".

Sebagai makhluk yang otonom atau memiliki kebebasan, manusia selalu dihadapkan pada suatu alternatif tindakan yang harus dipilihnya. Hal ini sebagaimana dikemukakan Soren Aabye Kierkegaard: "Yes, I perceive perfectly that there are two possibilities, one can do either this or that" (Fuad Hasan, 1973). Adapun kebebasan berbuat ini juga selalu berhubungan dengan norma-norma moral dan nilai-nilai moral yang juga harus dipilihnya. Oleh karena manusia mempunyai kebebasan memilih dan menentukan perbuatannya secara otonom maka selalu ada penilaian moral atau tuntutan pertanggung-jawaban atas perbuatannya.
7. Manusia sebagai Makhluk Beragama
Aspek keberagamaan merupakan salah satu karakteristik esensial eksistensi manusia yang terungkap dalam bentuk pengakuan atau keyakinan akan kebenaran suatu agama yang diwujudkan dalam sikap dan perilaku. Hal ini terdapat pada manusia manapun baik dalam rentang waktu (dulu-sekarang-akan datang) maupun dalam rentang geografis tempat manusia berada. Keberagamaan menyiratkan adanya pengakuan dan pelaksanaan yang sungguh atas suatu agama. Adapun yang dimaksud dengan agama ialah "satu sistem credo (tata keimanan atau keyakinan) atas adanya sesuatu yang mutlak di luar manusia; satu sistem ritus (tata peribadatan) manusia kepada yang dianggapnya mutlak itu; dan satu sistem norma (tata kaidah) yang mengatur hubungan manusia dengan manusia dan alam lainnya yang sesuai dan sejalan dengan tata keimanan dan tata peribadatan termaksud di atas (Endang Saifuddin Anshari, 1982).

Seperti telah kita maklumi dari uraian terdahulu, manusia memiliki potensi untuk mampu beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME. Di lain pihak, Tuhan pun telah menurunkan wahyu melalui utusan-utusanNya, dan telah menggelar tanda-tanda di alam semesta untuk dipikirkan oleh manusia agar manusia beriman dan bertakwa kepadaNya. Manusia hidup beragama karena agama menyangkut masalah-masalah yang bersifat mutlak maka pelaksanaan keberagamaan akan tampak dalam kehidupan sesuai agama yang dianut masing-masing individu. Hal ini baik berkenaan dengan sistem keyakinannya, sistem peribadatan maupun pelaksanaan tata kaidah yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya, hubungan manusia dengan manusia serta hubungan manusia dengan alam.

Dalam keberagamaan ini manusia akan merasakan hidupnya menjadi bermakna. Tata cara hidup dalam berbagai aspek kehidupannya, jelas pula apa yang menjadi tujuan hidupnya sebagai berikut.

a.   Manusia adalah makhluk utama, yaitu diantara semua makhluk natural dan supranatural, manusia mempunyai jiwa bebas dan hakikat yang mulia.

b.  Manusia adalah kemauan bebas. Inilah kekuatannya yang luar biasa dan tidak dapat dijelaskan: kemauan dalam arti bahwa kemanusiaan telah masuk ke dalam rantai kausalitas sebagai sumber utama yang bebas kepadanya dunia alam world of nature, sejarah, dan masyarakat sepenuhnya bergantung serta terus menerus.

c.  Manusia adalah makhluk yang sadar. Ini adalah kualitasnya yang paling menonjol. Kesadaran dalam arti bahwa melalui daya refleksi yang menakjubkan, ia memahami aktualitas dunia eksternal, menyingkap rahasia yang tersembunyi dari pengamatan, dan mampu menganalisa masing-masing realita dan peristiwa.

d.  Manusia adalah makhluk yang sadar diri. Ini berarti bahwa ia adalah satu-satunya makhluk hidup yang mempunyai pengetahuan atas kehadirannya sendiri, ia mampu mempelajari, menganalisis, mengetahui, dan menilai dirinya.

e.   Manusia adalah makhluk kreatif. Aspek kreatif tingkah lakunya ini memisahkan dirinya secara keseluruhan dari alam, dan menempatkannya di samping Tuhan. Hal ini menyebabkan manusia memiliki kekuatan ajaib semu quasi-miracolous yang memberinya kemampuan untuk melewati parameter alami dari eksistensi dirinya.

f.  Manusia adalah makhluk idealis, pemuja yang ideal. Dengan ini berarti ia tidak pernah puas dengan apa yang ada, tetapi berjuang untuk mengubahnya menjadi apa yang seharusnya. Idealisme adalah faktor utama dalam pergerakan dan evolusi manusia. Idealisme tidak memberikan kesempatan untuk puas di dalam pagar-pagar kokoh realita yang ada. Kekuatan inilah yang selalu memaksa manusia untuk merenung, menemukan, menyelidiki, mewujudkan, membuat, dan mencipta dalam alam jasmaniah dan rohaniah.

g.   Manusia adalah makhluk moral. Di sinilah timbul pertanyaan penting mengenai nilai. Nilai terdiri dari ikatan yang ada antara manusia dan setiap gejala, perilaku, perbuatan atau dimana suatu motif yang lebih tinggi daripada motif manfaat timbul. Ikatan ini mungkin dapat disebut ikatan suci karena ia dihormati dan dipuja begitu rupa sehingga orang merasa rela untuk membaktikan atau mengorbankan kehidupan mereka demi ikatan ini.

h.  Manusia adalah makhluk utama dalam dunia alami, mempunyai esensi uniknya sendiri, dan sebagai suatu penciptaan atau sebagai suatu gejala yang bersifat istimewa dan mulia. Ia memiliki kemauan, ikut campur dalam alam yang independen, memiliki kekuatan untuk memilih dan mempunyai andil dalam menciptakan gaya hidup melawan kehidupan alami. Kekuatan ini memberinya suatu keterlibatan dan tanggung jawab yang tidak akan punya arti kalau tidak dinyatakan dengan mengacu pada sistem nilai.

Manusia Makhluk yang Beragam

41 komentar:

  1. Terimakasih pak atas materi yg disampaikan, saya jdi lebih mengerti tentang aspek-aspek manusia dan hakikatnya.smoga sllu memberikan materi-materi yg lebih baik lagi😊

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Terimakasih pak atas materinya, saya jdi lebih tahu tentang aspek2 manusia dan hakikatnya😇

    BalasHapus
  4. Sangat membantu sekali dan menambah wawasan😊

    BalasHapus
  5. Terima kasih pak ,materi yang bapak sampaikan sangat membantu saya dalam proses belajar untuk mengetahui tentang pengertian dan aspek-aspek hakikat manusia.

    BalasHapus
  6. Terimah kasih pak atas materi yang bapak sampaikan sangat sangat membantu sekali buat saya pak 😊

    BalasHapus
  7. Terimakasih pak atas materinya karena ini dapat menambah wawasan saya serta membantu saya untuk mengerjakan tugas kelompok

    BalasHapus
  8. Terima kasih pak sudah memberikan materi belajar yang sangat baik sehingga mahasiswa mengerti dan tidak bosan belajar di kelas

    BalasHapus
  9. Terima kasih pak dengan materi ini kami lebih terbantu untuk materi pembelajaran @dinda_arini1

    BalasHapus
  10. Terima kasih pak atas materi yang bapak sampaikan sangat sangat membantu sekali buat saya pak @slmaa_shndaa

    BalasHapus
  11. Terima kasih pak atas materi yang bapak sampaikan,dari materi ini saya jadi tau aspek-aspek hakikat manusia. Sekali lagi terima kasih pak😊

    BalasHapus
  12. Terima kasih pak atas materinya, karena ini sangat membantu semoga bermanfaat bagi saya dan teman-teman

    BalasHapus
  13. Terima kasih pak atas materinya, karena ini sangat membantu semoga bermanfaat bagi saya dan teman-teman

    BalasHapus
  14. Terima kasih pak atas materinya, karena ini sangat membantu semoga bermanfaat bagi saya dan teman-teman

    BalasHapus
  15. terimakasih pak atas materinya,karena ini sangat membantu saya semoga bermanfaat bagi saya dan teman- teman @navita hasybyah

    BalasHapus
  16. terimakasih juga atas materinya,saya memahami pengertian dan aspek-aspek hakikat manusia

    BalasHapus
  17. Terima kasih pak atas materinya, materi ini sangat bermanfaat bagi kami dalam proses pembelajaran.

    Afriyani_1D

    BalasHapus
  18. Terima kasih pak atas materinya, materi ini sangat bermanfaat bagi kami dalam proses pembelajaran.

    Afriyani_1D

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,saya pribadi mengucapkan terimakasih pak iqbal atas materinya yg telah disampaikan diblogspot tadi.Menurut saya materinya sangat menarik karena membahas tentang Manusia berkaitan dengan Hubungan Manusia antara Tuhan dan makhluk yg lainnya,dan juga semoga selalu memberikan materi yang bermanfaat dan berwawasan luas serta bermotivasi lagi

    BalasHapus
  20. Terima kasih pak atas materinya,karena ini sangat membantu kami dalam proses pembelajaran.

    Rara Tresya 1D

    BalasHapus
  21. Terima kasih pak atas materinya, sangat membantu dlm belajar dan menambah wawasan saya tentang aspek-aspek hakikat manusia@ardelia putri

    BalasHapus
  22. Terimakasih pak materinya, semoga materinya bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan semoga kami bisa mengerjakan tugas yang bapak amanatkan dengan baik.

    @zenisagita (1D)

    BalasHapus
  23. Terimakasih pak materinya, semoga materinya bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan semoga kami bisa mengerjakan tugas yang bapak amanatkan dengan baik.

    @zenisagita (1D)

    BalasHapus
  24. Terima kasih pak materinya, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan semoga kami bisa mengerjakan tugas yang bapak amanatkan dengan baik.

    @zenisagita (1D)

    BalasHapus
  25. Terima kasih pak atas wawasannya tentang Aspek-Aspek Hakikat Manusia ini, dengan adanya blog tersebut dpat membantu saya dalam mengerjakan tugas sebagai referensi.

    Amanda sri febianti 1D


    BalasHapus
  26. Terimakasih pak atas materinya,karena sangat membantu dalam proses pembelajaran.

    BalasHapus
  27. Terimakasih pak atas materinya,karena sangat membantu dalam proses pembelajaran.

    BalasHapus
  28. Terimakasih pak materinya,materi ini sangat membantu saya dan teman-teman dalam proses pembelajaran

    @Wanda ft (1D)

    BalasHapus
  29. Alhamdulilah Terimakasih sekali pak
    Materi nya sangat bermanfaat.
    Saya izin Screen Shot Boleh ga pak??
    Untuk dibaca

    BalasHapus
  30. Terima kasih pak materinya sangat bermanfaat dan membantu proses pembelajaran

    BalasHapus
  31. Terimakasih pak, untuk materi.materinya lengkap dan mudah di pahami

    BalasHapus
  32. Terimakasih pak untuk materinya,sangat bermanfaat dan membantu saya dalam mencari bahan materi kuliah

    BalasHapus
  33. Terima kasih pak atas materi yg bapak berikan sangat membantu saya

    BalasHapus
  34. Nama:Neli Nurjanah
    Nim:190141536
    Kelas:1A
    Terimakasih materi bapak sangat membantu kami dalam belajar

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. KELOMPOK 7
    ANGGOTA :
    -AMANDA SRI FEBIANTI
    -NURUL SAPITA
    -TARWINDA PUASARI
    -ZENI SAGITA
    -ZIHAN OKTAVIANA
    KELAS :1 D

    PERTANYAAN :
    1. BAGAIMANA PROSES PENDIDIKAN YANG MEMANUSIAKAN MANUSIA?
    2. MENGAPA SETIAP MANUSIA MEMILIKI PERBEDAAN DALAM KEPRIBADIANNYA?
    3. APA BUKTINYA JIKA MANUSIA TELAH MEMENUHI TUGAS MENJADI MANUSIA?

    BalasHapus
  37. Kelompok 9
    Anggota:
    1. Rara Tresya (190141664)
    2. Tania Dwi Pratiwi(190141642)
    3. Tri Haryati(190141645)
    4. Ardelia putri azharine(190141665)
    Kelas : 1D

    Pertanyaan:
    1. Kenapa manusia taraf intensitasnya lebih rendah daripada hewan?
    2. Bagaimana peran seorang individu terhadap sosialisasi?
    3. Berikan contoh moralitas dengan sosialisasi?

    BalasHapus
  38. Kelompok 9
    Anggota:
    1. Rara Tresya (190141664)
    2. Tania Dwi Pratiwi(190141642)
    3. Tri Haryati(190141645)
    4. Ardelia putri azharine(190141665)
    Kelas : 1D

    Pertanyaan:
    1. Kenapa manusia taraf intensitasnya lebih rendah daripada hewan?
    2. Bagaimana peran seorang individu terhadap sosialisasi?
    3. Berikan contoh moralitas dengan sosialisasi?

    BalasHapus
  39. Kelompok 9
    Anggota:
    1. Rara Tresya (190141664)
    2. Tania Dwi Pratiwi(190141642)
    3. Tri Haryati(190141645)
    4. Ardelia putri azharine(190141665)
    Kelas : 1D

    Pertanyaan:
    1. Kenapa manusia taraf intensitasnya lebih rendah daripada hewan?
    2. Bagaimana peran seorang individu terhadap sosialisasi?
    3. Berikan contoh moralitas dengan sosialisasi?

    BalasHapus
  40. Kelompok 9
    Anggota:
    1. Rara Tresya (190141664)
    2. Tania Dwi Pratiwi(190141642)
    3. Tri Haryati(190141645)
    4. Ardelia putri azharine(190141665)
    Kelas : 1D

    Pertanyaan:
    1. Kenapa manusia taraf intensitasnya lebih rendah daripada hewan?
    2. Bagaimana peran seorang individu terhadap sosialisasi?
    3. Berikan contoh moralitas dengan sosialisasi?

    BalasHapus
  41. KELOMPOK 7
    ANGGOTA : 
    -AMANDA SRI FEBIANTI
    -NURUL SAPITA
    -TARWINDA PUASARI
    -ZENI SAGITA
    -ZIHAN OKTAVIANA
    KELAS :1 D

    PERTANYAAN :
    1. BAGAIMANA PROSES PENDIDIKAN YANG MEMANUSIAKAN MANUSIA?
    2. MENGAPA SETIAP MANUSIA MEMILIKI PERBEDAAN DALAM KEPRIBADIANNYA?
    3. APA BUKTINYA JIKA MANUSIA TELAH MEMENUHI TUGAS MENJADI MANUSIA?

    BalasHapus