PRINSIP-PRINSIP DASAR PEMBELAJARAN IPS
1. Pengertian prinsi-prinsip dasar pembelajaran
§ Prinsip adalah suatu pernyataan fundemental atau kebenaran umum maupun individual yang dijadikan oleh seseorang atau kelompok sebagai sebuah pedoman untuk berfikir atau bertindak.
§ Pembelajaran adalah suatu proses interaksi antara komponen-komponen sistem proses yang dapat menjadikan seseorang memperoleh ilmu pengetahuan dan pengalaman.
§ Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar. Sedangkan pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan penguasaan kemahiran dan tabit, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik.
Prinsip juga dikatakan juga sebagai landasan prinsip pembelajaran menurut Larsen dan Frame (1986 dalam supani dkk1997/1998) adalah “ Refresent the theoretical frame work of the meted “ maksudnya prinsip pembelajaran adalah kerangka teoritis sebuah metode pembelajaran, kerangka teoritis adalah teori-teori yang mengarahkan harus bagaimana sebuah metode dilihat dari segi :
1. Bahan yang akan dibelajarkan
2. Prosedur pembelajaran ( bagaimana siswa belajar dan bagaiman guru mengajarkan bahan ajar ).
3. Gurunya
4. Siswanya
2. Integrated ( terpadu )
Pembelajarn terpadu adalah pembelajaran yang menggunakan pendekatan antara bidang study, menggabungkan bidang study dengan cara menetapkan prioritas kurikuler dan menemukan keterampilan, konsep dan sikap yang saling tumpang tindih dalam beberapa bidang studi. Mengajar harus dipandang sebagai usaha mengembangkan seluruh pribadi peserta didik. Mengajar bukan hanya mengembangkan kemampuan kognitif saja, tetapi juga meliputi aspek dan psikomotorik. Model pembelajaran integrated yaitu memadukan sejumlah topik dari mata pelajaran yang berbeda tetapi nintinya sama.
3. Interaksi ( kerjasama )
Interaksi merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, sehingga manusia harus mampu melakukan secar verbal maupun non verbal. Didalam interaksi harus memiliki 3 unsur yaitu:
- Komunikator ( orang yang melakukan komunnikasi )
- Konikon ( orang yang dijadikan sasaran atau objek )
- Informasi ( bahan yang dijadikan komunikasi atau interaksi )
Hal ini diperlikan karena manusia mempunyai naluri untuk berinterksi, berhubungan dan bergaul sesamanya sejak dilahirkan hingga sepanjang hidupnya. Interaksi dapat semakin bertambah sejalan dengan semakin meluasnya pergaulan dan seorang dengan bertambahnya usia seseorang.
4. Kesinambungan dan peruubahan
sejumlah nilai simbol dan kebiasaan yang lahir dari satu generasi senantiasa dipeihara dan disosialisasikan kepada generasi berikutny. Meskipun terjadi pembauran dan perubahan, tetapi inti dan muatan nilai, simbol, dan kebiasaannya tetapi diteruskan secara berkesinambungan. Kesinambungan kehidupan dalam masyarakat terjai karena adanya lembaga perkawinan. Melalui lembaga perkawinan manusia dilahirkan dan dapat melanjutkan keturunan yang kemudian melakukan perkawinan pola. Kesinambungan terjadi berbagi aspek kehidupan mayarakat. Sedangkan perubahan sosial terjadi karena berbagi sebab, antaralain: politik, ekonomi, dan lain-lain.
5. Kooperatif ( kerjasama )
Pembelajaran koperatif merupakan bentuk pembelajaran dengna cara siswa belajar dan belajar dalam kelompok-kelompok kecil secara koferatif yang anggotanya terjadi dan empat sampai enam orang, dengan struktur kelomok yang bersifat netrogen.
Pembelajaran kooperatif adalah strategi pembelajaran yang melibatkan partisipasi siswa dalam satu kelompok kecil untuk saling berinteraksi ( Nuruln Na’jah) dalam sistem belajar yang kooperatif, siswa belajar kerjasama dengan anggota lainnya. Dalam model ini siswa memiliki dan tanggung jawab, yaitu mereka belajar untuk dirinya sendiri dan membantu sesama anggota kelompok untuk belajar. Siswa belajar bersama dengan sebuah kelompok untuk belajar.
6. Konstektual
Pembelajaran konstektual merupakan konsep belajar yang membantu guru menggantikan antara materi yang diajarkannya dengan situasi. Dunia nyata siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat :
- Komponen pembelajaran kontekstual
- Menjalin hubungan yang bermakna
- Mengerjakan pekerjaan yang berarti
- Melakukan proses belajar yang diatur sendiri
- Mengadakan kabolarasi
- Berpikir kritis dan kreatif
- Memberikan layanan dan individual
- Mengupayakan pencapaian standar yang tinggi
- Menggunakan asesmen atentik
7. Inkuiri ( menemukan )
Pembelajaran inkuiri merupakan kegiatan inti dan CTL, melalui upaya menemukan akan memberikan penegasan bahwa, pengetahuan dan keterampilan setra kemapuan-kemampuan lain yang diperlukan bukan merupakan hasil dan mengingat faktor-faktor tetapi merupakan hasil menemukan, hasil menemukan sendiri, kegiatan pembelajaran yang mengaruh pada upaya menemukan telahlama diperkenalkan pula dalam pembelajaran inkuiri.
Dilihat dari segi kemampuan secara emosional, sesuatu hasil yang menemukan sendiri nilai kepuasan lebih tinggi dibandingkan dengan hasil hasil pemberian. Dimana hasil pembelajaran merupakan hasil dan kreatifitas siswa sendiri,akan bersifat lebih tahan lam diingat oleh siswa bila dibandingkan dengan sepenuhnya pemberian dari guru. Untuk menumbuhkan kebiasaan siswa secara kreatif agar bisa menemukan pengalaman belajarnya sendiri.
8. Problem Solring
Pembelajran problem solring merupakan memecahkan masalah pada tingkat ini pada peserta didik, belajar merumuskan untuk memecahkan masalah memberikan respon terhadap rangsangan yang menggambarkan alat membangkitkan situasi problem, maka yang mempergunakan faidah yang telah dikuasai.
9. Keterampilan sosia
Keterampilan kerjasama itu diperlukan melalui aktifitas dalam kegiatan pembelajan secara berkelompok , dengan demikian siswa perlu untuk mau dan sanggup berinteraksi dengan anggota lain dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Ips terkadang dicangkup sebagai pembelajran keterampilan, oleh karena itu menyangkut berbagai hal yang dibutuhkan oleh seseorang sebagai warga mastarakat ataupun sebagi warga negara. Jadi IPS adalah keterampilan belajar dan keterampilan berpikir kritis.
Pilar dari koperatif antaralain :
- Ketergantungan yang positif
- Tanggung jawab individu ( tanggung jawab pribadi )
- Harus bertatap muka
- Motifasi dan komunikasi
- Problem ( pemecahan masalah )
_Presensi:
Tulis pada kolong komentar Nama-No Absen-NIM-Kelas
Nama : Rida Fitria
BalasHapusNo. Absen : 31
Nim : 190141671
Kelas : 2D PGSD
Nama : Afriyani
BalasHapusNo.Absen : 37
NIM : 190141678
Nama : Umi kalsum
BalasHapusNim : 190141646
No.absen : 07
Nama : Laura Filia M
BalasHapusNo Absen : 41
NIM : 190141765
Kelas : 2D
Nama : Tri Haryati
BalasHapusNim : 190141645
No absen : 06
Nama : Wanda Fatihatun Thoriqoh
BalasHapusNim : 190141652
Prodi/kelas : PGSD/2D
No. Absen : 13
Nama : Tamara
BalasHapusNim : 190141641
No.Absen : 02
Kelas : 2D
Nama: Viona Natasya
BalasHapusNo absen: 10
Nim: 190141649
Kelas : 2D
Nama: Umi kulsum
BalasHapusNim: 190141647
Kelas/prodi: 2D/PGSD
No absen: 8
Nama : siti halima hadawiya
BalasHapusNim : 190141673
No.absen : 33
Kelas : 2D
Nama: putri erika kumala dewi
BalasHapusNo absen: 38
Nim :190141679
Kelas: 2D
Nama: Afriyani
BalasHapusNo. Absen: 37
Nim: 190141678
Kelas: PGSD 2D
Nama :Maessy Pradella
BalasHapusNim : 190141668
Kelas : 2D
No.absen : 29
Nama : Tania dwi pratiwi
BalasHapusNim : 190141642
No.absen : 03
Kelas II D PGSD
Nama : Rara Tresya
BalasHapusNo.absen : 25
Nim : 190141664
Kelas : 2D PGSD
Nama : Rara Tresya
BalasHapusNo.absen : 25
Nim : 190141664
Kelas : 2D PGSD
Nama : Diah Julianti
BalasHapusNo.absen:36
Nim 190141676
Kelas : PGSD 2D
Nama: Siti Mulyani
BalasHapusNim: 190141659
Kelas: 2D PGSD
no absen: 20
Nama : Amanda Sri Febianti
BalasHapusNo. Absen : 24
NIM : 190141663
Kelas : 2D PGSD
Nama: Desvitasari
BalasHapusNim:190141667
No absen: 28
Nama : ardelia putri azharine
BalasHapusNo.absen : 26
Nim : 190141665
Kelas. : PGsd 2D
Nama : Rara Tresya
BalasHapusNo.absen : 25
Nim : 190141664
Kelas : 2D PGSD
Nama : Viola
BalasHapusNim : 190141648
No absen : 09
Hadir
BalasHapusNama : selma shenda
Nim : 190141662
No absen : 23
Kelas : pgsd 2d
Hadir
BalasHapusNama : Syaid alfany
Nim : 190141640
Kelas : 2D
No absen : 01
Hadir
BalasHapusNama: Nurul Sapita
Nim:190141666
Kelas:2d
No absen: 27
Nama : zihan oktaviana
BalasHapusNim : 190141657
No absen : 18
Hadir
BalasHapusNama : Yuni sandra
Nim : 190141655
Kelas : 2/D pgsd
No absen : 16
Nama: wahyu apriansyah
BalasHapusNim: 190141651
No. Absen: 12
Hadir
BalasHapusNama : Tarwinda Puasari
Nim : 190141643
No. Absen : 04
Kelas : 2D
Hadir
BalasHapusNama:Tiara Fiska
Nim:190141644
No absen:5
Kelas:2d
Nama: Windi septiani
BalasHapusNim: 190141653
No. Absen: 14
Nama: Frisca Melani
BalasHapusNim : 190141672
No absen: 32
Nama:Desi Dian Safitri
BalasHapusNIM :190141658
No.Absen:19
Kelas:2D
Nama: Dinda Arini
BalasHapusNim: 190141674
No. Absen: 34
Kelas: 2D
Nama: Zeni Sagita
BalasHapusNIM : 190141656
No Absen: 17
Kelas: 2 D
Hadir
BalasHapusNama:Wira yudha
Nim:190141654
No absen:15
Kelas:2d
Hadir
BalasHapusNama : Ardini nur Sabrina
Nim:190141669
No absen :30
Kelas : 2D
Nama: Navita Hasybyah
BalasHapusNim:190141681
Kelas:2D/PGSD
No. absen: 40
Hadir
BalasHapusNama:Iqbal
Nim :190141680
No absen :39
Kelas :2D
Hadir
BalasHapusNama:Hendi Periyatna
Nim:190141675
No absen :35
Kelas: IID PGSD
hadir
BalasHapusnama : aji firdaus
nim : 190141660
no absen : 21
kelas : 2D PGSD
Hadir
BalasHapusNama : zhien zha o
Nim : 190141711
Kelas : 2E/PGSD
No absen : 28
Hadir
BalasHapusNama: Syahalimah varantasya
Nim: 190141682
Kelas: 2E PGSD
No. Absen 1
Hadir
BalasHapusNama : Sri Puspa Dewi
No.absen : 26
Nim : 190141708
Kelas : 2E PGSD
Hadir
BalasHapusNama: Reindu Fitriana
Nim: 190141707
Kelas: 2E
No absen: 25
Hadir
BalasHapusNama: Dela Astuti
Nim:19⁰141714
NO absen: 30
Kelas: 2E PGSD
Hadir
BalasHapusNama : Ayu pradina
No absen : 06
Nim : 190141688
Kelas : 2E pgsd
Hadir
BalasHapusNama : Amelia
Nim : 190141718
Kelas : 2E PGSD
No Absen : 34
Hadir
BalasHapusNama : Muna Najiati
Nim : 190141704
No absen : 22
Kelas : 2E PGSD
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusHadir
BalasHapusNama : Faizal Jibran
Nim : 190141697
Kelas : 2E PGSD
No. Absen : 15
Hadir
BalasHapusNama : Yohani
Nim : 190141692
Kelas: 2E/PGSD
No.absen: 10
Hadir
BalasHapusNama:irtanti yuwanda
Nim:190141723
Kelas: 2E/pgsd
No absen:39
Hadir
BalasHapusNama : Yohani
Nim : 190141692
Kelas: 2E/PGSD
No.absen: 10
Hadir
BalasHapusNama: Evi Safitri
No absen: 11
Nim: 190141693
Kelas : 2E PGSD
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusHadir
BalasHapusNama: Riska Agustin
Nim: 190141722
Kelas: 2E PGSD
No absen: 38
Hadir
BalasHapusNama :Romina
Nim : 190141712
Kelas: 2E/PGSD
No.Absen: 29
Hadir
BalasHapusNama : Bina aulia
Kelas : 2E PGSD
Nim : 190141686
No A : 04
Hadir
BalasHapusNama: Putri Maya Hardika Nastin
Nim: 190141701
Kelas: 2E PGSD
No.Absen: 19
Hadir
BalasHapusNama:Adi
Nim:190141683
Kelas :2E/PGSD
No absen :2
Hadir
BalasHapusNama : Dea aulia suci
Nim :190141703
Kelas : 2E/PGSD
No absen : 21
Hadir
BalasHapusNama:Mala Kustiasari
Nim: 190141698
Kelas: 2E / PGSD
No.absen : 16
Hadir
BalasHapusNama :Ayu Pratiwi
NIM :190141721
Kelas : 2E /PGSD
NO absen:37
Hadir
BalasHapusNama:Lindia devika sari
Kelas:2E PGSD
Nim:190141720
No A:36
Hadir
BalasHapusNama: Nazela Fadhia Haya
Kelas: 2E PGSD
NIM: 190141691
No absen: 9
Hadir
BalasHapusAlma Aliffia
190141695
2E PGSD
No absen 14
Hadir
BalasHapusMuhammad iqbal
190141705
2e pgsd
No absen 23
Hadir
BalasHapusSiti Nurhasanah
190141689
2E PGSD
No Absen 07
Hadir
BalasHapusNamasya duri arga
190141715
2E PGSD
No absen 31
Hadir
BalasHapusNama: Wulan Sari
NIM: 190141694
kelas: 2E/PGSD
No.Absen: 12
Hadir
BalasHapusNama: Feri Herwanto
Nim: 190141687
Kelas: 2E/PGSD
No Absen: 05
Hadir
BalasHapusNama: Feri Herwanto
Nim: 190141687
Kelas: 2E/PGSD
No Absen: 05
Hadir
BalasHapusNama: Nurul Makiyah
Kelas:2E/PGSD
NIM: 190141716
NO aBSEN: 32
Hadir
BalasHapusNama : Rizky Putri Nabila
Kelas : 2E/ PGSD
Nim : 190141706
No Absen : 24
Hadir
BalasHapusNama: Dhea Nisanabila
Nim: 190141700
Kleas: 2E PGSD
No. Absen: 18
Hadir
BalasHapusNama : nur safti putri
Nim : 190141719
Absen 35
Hadir
BalasHapusNama:Rifki muhammad ilham
Nim :190141695
Abden 13
Hadir
BalasHapusNama : Riska aprillia
Kelas : 2e pgsd
Nim : 190141699
No absen. 17
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusHadir
BalasHapusNama: Andini safutri
Kelas: 2e PGSD
Nim: 190141717
No absen: 33
Hadir
BalasHapusNama :Mahdini Jaya Putri
Nim :190141702
Kelas : 2E PGSD
No absen :20
Hadir
BalasHapusNama : Tasyia Cahya Fahani
Nim : 190141710
Kelas: 2E/PGSD
No Absen: 27