Minggu, 05 April 2020

Pembelajaran Tematik Integratif


Pembelajaran Tematik Integratif


2.1.1 Pengertian Pembelajaran Tematik Integratif pada Kurikulum 2013
        Pembelajaran tematik integratif merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari beberapa mata pelajaran ke dalam sebuah tema. Tujuan dari adanya tema ini bukan hanya untuk menguasai konsep-konsep dalam suatu mata pelajaran akan tetapi juga keterkaitannya dengan konsep dari mata pelajaran lain. Sehingga setelah mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan berdasarkan tema tersebut anak akan menguasai kompetensi dari masing-masing mata pelajaran yang diintegrasikan. Pembelajaran tematik juga dapat diartikan sebagai pola pembelajaran mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, kemahiran, nilai dan sikap pembelajaran dengan menggunakan tema.
Dalam Kurikulum 2013, pengintegrasian beberapa mata pelajaran tersebut didasari oleh dua hal, yaitu integrasi sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran dan integrasi berbagai konsep dasar yang berkaitan. Tema merajut makna berbagai konsep dasar sehingga siswa tidak belajar konsep dasar secara parsial. Dalam pembelajaran tematik integratif, tema yang dipilih berkenaan dengan alam dan kehidupan manusia. Untuk kelas I, II, dan III, keduanya merupakan pemberi makna yang substansial terhadap mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Disinilah Kompetensi Dasar dari IPA dan IPS yang diorganisasikan ke mata pelajaran lain memiliki peran penting sebagai pengikat dan pengembang Kompetensi Dasar mata pelajaran lainnya. Dengan demikian pembelajarannya memberikan makna yang utuh kepada siswa seperti tercermin pada berbagai tema yang tersedia.
Dari sudut pandang psikologis, siswa belum mampu berpikir abstrak untuk memahami konten mata pelajaran yang terpisah kecuali kelas IV, V, dan VI. Pandangan psikologi perkembangan dan Gestalt memberi dasar yang kuat untuk integrasi Kompetensi Dasar yang diorganisasikan dalam pembelajaran tematik. Dari sudut pandang transdiciplinarity maka pengkotakan konten kurikulum secara terpisah ketat tidak memberikan keuntungan bagi kemampuan berpikir selanjutnya. Melalui pembelajaran tematik akan tercipta sebuah pembelajaran terpadu, yang akan mendorong keterlibatan siswa dalam belajar, membuat siswa aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan menciptakan situasi pemecahan masalah sesuai dengan kebutuhan siswa, dalam belajar secara tematik siswa akan dapat belajar dan bermain dengan kreativitas yang tinggi. Pembelajaran tematik juga memungkinkan siswa, baik secara individual maupun kelompok, aktif menggali dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip keilmuan secara holistik, bermakna, dan otentik. Pembelajaran tematik integratif berorientasi pada praktik pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan siswa.
Pendekatan ini berangkat dari teori pembelajaran yang menolak proses latihan atau hafalan sebagai dasar pembentukan pengetahuan dan stuktur intelektual anak. Teori pembelajaran tematik dimotori para tokoh Psikologi Gestalt, termasuk Piaget yang menekankan bahwa pembelajaran itu haruslah bermakna dan berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan anak. Pendekatan pembelajaran tematik integratif lebih menekankan pada penerapan konsep belajar sambil melakukan sesuatu (learning by doing) sehingga anak dapat lebih menemukan sendiri pengalaman belajar yang bermakna (Rusman, 2012: 254). Dikatakan bermakna karena dalam pembelajaran tematik siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang telah dipahaminya. Fokus perhatian dalam pembelajaran tematik terletak pada proses yang ditempuh siswa saat berusaha memahami isi pembelajaran sejalan dengan bentuk-bentuk keterampilan yang harus dikembangkannya.
Pembelajaran tematik memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, antara lain: (1) pengalaman dan kegiatan belajar sangat relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak usia sekolah dasar; (2) kegiatan yang dipilih dalam pelaksanaan pembelajaran tematik bertolak dari minat dan kebutuhan siswa; (3) kegiatan belajar akan lebih bermakna dan berkesan bagi siswa sehingga hasil belajar dapat bertahan lebih lama; (4) membantu mengembangkan keterampilan berpikir siswa; (5) menyajikan kegiatan belajar yang bersifat pragmatis sesuai dengan permasalahan yang sering ditemui siswa dalam lingkungannya; dan (6) mengembangkan keterampilan sosial siswa, seperti bekerja sama, toleransi, komunikasi, dan tanggap terhadap gagasan orang lain (Rusman, 2012: 257).
Selain memiliki beberapa keunggulan dari pembelajaran konvensional, pembelajaran tematik juga memiliki banyak nilai dan manfaat, diantaranya: (1) dengan menggabungkan beberapa kompetensi dasar dan indikator serta isi mata pelajaran akan terjadi penghematan, karena tumpang tindih materi dapat dikurangi bahkan dihilangkan; (2) siswa mampu melihat hubungan-hubungan yang bermakna sebab isi atau materi pembelajaran lebih berperan sebagai sarana atau alat, bukan tujuan akhir, (3) pembelajaran menjadi utuh sehingga siswa mendapat pengertian mengenai proses dan materi yang tidak terpecah-pecah; (4) dengan adanya pemaduan antar mata pelajaran maka penguasaan konsep akan semakin baik dan meningkat Rusman (2012: 258).
Sebagai suatu model pembelajaran di sekolah dasar, pembelajaran tematik memiliki karakteristik sebagai berikut: (1) berpusat pada siswa; (2) memberikan pengalaman langsung; (3) pemisahan mata pelajaran tidak begitu jelas; (4) menyajikan konsep dari berbagai mata pelajaran; (5) bersifat fleksibel; (6) hasil pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa, dan (7) menggunakan prinsip belajar sambil bermain dan menyenangkan (Rusman, 2012: 258) .
Dalam Kurikulum 2013 model pembelajaran untuk anak tingkat Sekolah Dasar kelas rendah yaitu kelas 1, 2, dan 3 adalah pembelajaran yang dikemas dalam bentuk tema-tema (tematik). Tema merupakan wadah atau wahana untuk mengenalkan berbagai konsep materi kepada anak didik secara menyeluruh. Tematik diberikan dengan maksud menyatukan konten kurikulum dalam unit-unit atau satuan-satuan yang utuh dan membuat pembelajaran lebih terpadu, bermakna, dan mudah dipahami oleh siswa SD/MI.
Menurut Sa’ud (2006), dengan adanya tema ini akan memberikan banyak keuntungan diantaranya: 1) siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu; 2) siswa dapat mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama; 3) pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan; 4) kompetensi dasar dapat dikembangkan lebih baik dengan mengkaitkan mata pelajaran lain dengan pengalaman pribadi siswa; 5) siswa dapat lebih merasakan manfaat dan makna belajar karena materi disajikan dalam konteks tema yang jelas; 6) siswa dapat lebih bergairah belajar karena dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, untuk mengembangkan suatu kemampuan dalam satu mata pelajaran sekaligus mempelajari mata pelajaran lain; 7) guru dapat menghemat waktu karena mata pelajaran yang disajikan secara terpadu dapat dipersiapkan sekaligus dan diberikan dalam dua atau tiga pertemuan, waktu selebihnya dapat digunakan untuk remedial, pemantapan, atau pengayaan.
2.1.2  Tujuan dan Ciri-ciri Pembelajaran Tematik Integratif pada Kurikulum 2013
Program pembelajaran Tematik merupakan pembelajaran bermakna bagi siswa. Tujuan kompetensi yang akan dicapai dari pendidikan dan latihan tematik ini adalah agar siswa mampu: 1). memahami konsep pembelajaran tematik terpadu dan 2). mengelolaan pembelajaran tematik (perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian). Pembelajaran tematik lebih menekankan pada penerapan konsep belajar sambil melakukan sesuatu. Oleh karena itu, guru harus merancang pengalaman belajar yang akan mempengaruhi kebermaknaan belajar siswa. Pengalaman belajar menunjukkan kaitan unsur-unsur konseptual yang menjadikan proses pembelajaran lebih efektif.
Kaitan konseptual antar mata pelajaran yang dipelajari akan membentuk skema, sehingga siswa memperoleh keutuhan dan kebulatan pengetahuan, selain itu, dengan penerapan pembelajaran tematik disekolah dasar akan sangat membantu siswa, hal ini dilihat dari tahap perkembangan siswa yang masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan. Seperti kita ketahui bahwa pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa, sehingga tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pembicaraan. Pembelajaran dengan menggunakan tema berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema serta menambah semangat karena materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata dan bermakna serta dikenal oleh anak.
Kemdikbud (2013: 193) menjelaskan tujuan pembelajaran tematik integratif adalah sebagai berikut:
1.        Mudah memusatkan perhatian pada suatu tema atau topik tertentu,
2.        Mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi mata pelajaran dalam tema yang sama,
3.        Memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan.
4.        Mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengkaitkan berbagai mata pelajaran lain dengan pengalaman pribadi siswa,
5.        Lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam dunia nyata, seperti: bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran lain.
6.        Lebih merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas,
7.        Guru dapat menghemat waktu, karena mata pelajaran yang disajikan secara terpadu dapat dipersiapkan sekaligus dan diberikan dalam 2 atau 3 pertemuan bahkan lebih dan atau pengayaan,
8.        Budi       pekerti dan      moral   siswa    dapat   ditumbuh-kembangkan dengan mengangkat sejumlah nilai budi pekerti sesuai dengan situasi dan kondisi.
Seperti kita ketahui karakteristik pembelajaran tematik yaitu berpusat pada siswa, memberikan pengalaman langsung kepada siswa, pemisahan antar mata pelajaran tidak nampak, menyajikan konsep dari berbagai mata pelajaran dalam suatu proses pembelajaran, fleksibel, hasil pembelajaran berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa. Landasan pembelajaran tematik ada tiga, yaitu: filosofis, psikologis, dan yuridis. Prinsip pembelajaran tematik adalah terintegrasi dengan lingkungan, bentuk belajar dirancang agar siswa menemukan tema, dan efisiensi. Oleh karena itu menurut Panduan Pengembangan Pembelajaran Tematik Terpadu Depdiknas tahun 2004, pembelajaran tematik memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1.         Berpusat pada anak
2.         Memberikan pengalaman langsung pada anak
3.         Pemisahan antara bidang studi/mata pelajaran dalam tidak begitu jelas
4.         Menyajikan konsep dari berbagai bidang studi/mata pelajaran dalam suatu proses pembelajaran
5.         Bersifat luwes
6.         Hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.
2.1.3        Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Menurut Kurikulum 2013
Diketahui bahwa kurikulum 2013 mengembangkan dua modus proses pembelajaran yaitu proses pembelajaran langsung dan proses pembelajaran tidak langsung. Proses pembelajaran langsung adalah proses pendidikan dimana peserta didik mengembangkan pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan psikomotorik melalui interaksi langsung dengan sumber belajar yang dirancang dalam silabus dan RPP berupa kegiatan-kegiatan pembelajaran. Dalam pembelajaran langsung tersebut peserta didik melakukan kegiatan belajar mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau menganalisis, dan mengkomunikasikan apa yang sudah ditemukannya dalam kegiatan analisis. Proses pembelajaran langsung menghasilkan pengetahuan dan keterampilan langsung atau yang disebut dengan instructional effect.
Pembelajaran tematik terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema. Pengintegrasian tersebut dilakukan dalam dua hal, yaitu integrasi sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran dan integrasi berbagai konsep dasar yang berkaitan. Tema merajut makna berbagai konsep dasar sehingga peserta didik tidak belajar konsep dasar secara parsial. Dengan demikian pembelajarannya memberikan makna yang utuh kepada peserta didik seperti tercermin pada berbagai tema yang tersedia. Dalam pembelajaran tematik terpadu, tema yang dipilih berkenaan dengan alam dan kehidupan manusia. Untuk kelas I, II, dan III, keduanya merupakan pemberi makna yang substansial terhadap  mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni-Budaya dan Prakarya, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Disinilah Kompetensi Dasar dari IPA dan IPS yang diorganisasikan ke mata pelajaran lain memiliki peran penting sebagai pengikat dan pengembang Kompetensi Dasar mata pelajaran lainnya.
Dari sudut pandang psikologis, peserta didik belum mampu berpikir abstrak untuk memahami konten mata pelajaran yang terpisah kecuali kelas IV, V, dan VI sudah mulai mampu berpikir abstrak. Pandangan psikologi perkembangan dan Gestalt memberi dasar yang kuat untuk integrasi Kompetensi Dasar yang diorganisasikan dalam pembelajaran tematik. Dari sudut pandang transdisciplinarity maka pengkotakan konten kurikulum secara terpisah ketat tidak memberikan keuntungan bagi kemampuan berpikir selanjutnya. 
2.1.3        Metode dan Media dalam Pembelajaran Tematik Integratif pada Kurikulum 2013

Metode merupakan upaya untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal. Metode digunakan untuk merealisasikan strategi yang telah ditetapkan.
Strategi menunjuk pada sebuah perencanaan untuk mencapai sesuatu, sedangkan metode adalah cara yang dapat digunakan untuk melaksanakan strategi. Dengan demikian suatu strategi dapat dilaksanakan dengan berbagai metode. Metode pembelajaran merupakan bagian dari strategi pembelajaran, metode pembelajaran berfungsi sebagai cara untuk menyajikan, menguraikan, memberi contoh, dan memberi latihan kepada siswa untuk mencapai tujuan tertentu, tetapi tidak setiap metode pembelajaran sesuai digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.
Metode atau pendekatan pembelajaran digunakan sebagai acuan langkah dalam rangka mensukseskan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Metode dikembangkan sesuai dengan tingkat pemahaman dan kebutuhan dalam pelaksanaan pembelajaran. Metode yang tepat akan mengarah pada pembelajaran yang efektif dan efisien, sebaliknya bila metode yang digunakan tidak tepat hanya akan memperpanjang waktu pembelajaran dan memberikan efek penguasaan atau hasil pembelajaran yang minim. Penggunaan metode pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran, akan dapat diketahui keefektifannya bila guru melakukan pengawasan dan pengawalan terhadap metode yang digunakan, serta melakukan evaluasi terhadap penggunaan metode yang dijalankan.  
Metode pembelajaran yang digunakan dalam rangka peningkatan efektifitas pembelajaran pada kurikulum 2013 adalah pembelajaran yang mengedepankan pada pengalaman personal melalui mengamati, menanya, menalar, merumuskan, menyimpulkan, dan mengkomunikasikan (Permendikbud tahun 2013).
2.1.5    Evaluasi dalam Pembelajaran Tematik Integratif pada Kurikulum 2013
Penilaian dan evaluasi pada pembelajaran tematik dilakukan untuk mencari informasi tentang pencapaian pengetahuan dan pemahaman peserta didik, pengembangan skill, dan pengembangan sosial dan afektif peserta didik dengan memanfaatkan penilaian alternatif dan cara formal (Widodo, 2010: 24). Evaluasi difokuskan pada evaluasi proses dan hasil. Evaluasi proses diarahkan pada tingkat keterlibatan, minat dan semangat siswa dalam proses pembelajaran, sedangkan evaluasi hasil lebih diarahkan pada tingkat pemahaman dan penyikapan siswa terhadap substansi materi dan manfaatnya bagi kehidupan siswa sehari-hari. Disamping itu evaluasi juga dapat berupa kumpulan karya siswa selama kegiatan pembelajaran yang bisa ditampilkan dalam suatu paparan/pameran karya siswa.
Instrumen yang dapat digunakan untuk mengungkap pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dapat digunakan tes hasil belajar. dan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa melakukan suatu tugas dapat berupa tes perbuatan atau keterampilan dan untuk mengungkap sikap siswa terhadap materi pelajaran dapat berupa wawancara, atau dialog secara informal. Disamping itu instrumen yang dikembangkan dalam pembelajaran tematik dapat berupa: kuis, pertanyaan lisan, ulangan harian, ulangan blok, dan tugas individu atau kelompok, dan lembar observasi.
Penilaian pembelajaran terpadu menyangkut tiga ranah pembelajaran yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Selain ketiga ranah tersebut dilakukan pengukuran dan penilaian terhadap kecakapan abad 21 dan karakter yang dikembangkan. Penilaian dilakukan dalam keseluruhan proses dan hasil pembelajaran. Penilaian proses dilakukan pada waktu proses pembelajaran sedang berlangsung. Pada pendekatan proses produksi, baik produksi barang maupun jasa, pendidikan masuk dalam kategori jasa, maka penekanan pada kefektifan dan keefisienan proses menjadi yang utama.
Keefektifan dan keefisienan proses berdampak pada hasil yang dicapai, dan ketercapaian tujuan sebuah proses. Penilaian proses pembelajaran dilakukan terhadap kegiatan guru, kegiatan siswa, pola interaksi guru-siswa dan keterlaksanaan proses belajar mengajar. Dalam konteks sistem pendidikan di Indonesia saat ini, maka penilaian proses digabungkan dengan penilaian hasil. Penilaian proses dilakukan untuk memantau ketercapaian kecakapan menyeluruh siswa, penilaian hasil dilakukan untuk memastikan pencapaian kompetensi seperti yang dimaksud dalam standar isi.
  ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tugas untuk mahasiswa:
1. Presensi tulis pada komentar postingan ini dengan format penulisan, Hadir_kelas_No Absen_Nama_NIM
2. Buatlah suatu gagasan yang menyatakan pengertian dari pembelajaran tematik integratif.
3. Buatlah satu contoh media yang dapat digunakan dalam pembelajaran tematik integratif dengan keterangan, nama media, materi, kelas, cara menggunakannya, dan tujuan digunakannya.
4.Tugas ditulis pada file office word dengan format nama file: No absen_Nama_Kelas
5. Kumpulkan file ke ketua kelas kemudian ubah file ke format RAR dan kirim ke email arrosyadiqbal@gmail.com

117 komentar:

  1. Hadir
    6D
    10
    Rima Putri Puspitasary
    170141341

    BalasHapus
  2. Nama : Visca Mayyoan
    Nim: 170141358
    Kelas : 6/D
    No.absen : 26
    HADIRRRRRRR

    BalasHapus
  3. Hadir
    Nama : salmawati
    Nim: 170141348
    Kelas : 6 D

    BalasHapus
  4. Hadir.
    Kelas : 6 D
    No absen :14
    Nama : Rizki Nursapitri
    Nim : 170141345

    BalasHapus
  5. Hadir_6D_11_Resdiana Natalia_170141342

    BalasHapus
  6. Hadir
    Nama: Kusmawati Dewi
    NIM : 170141334
    Kelas : 6D
    No. Absen : 4

    BalasHapus
  7. Hadir_6D_01_Fiharma Ulfathira_170141331

    BalasHapus
  8. hadir
    Nama : Rafita Syari
    Nim : 170141340
    no absen : 9

    BalasHapus
  9. Hadir
    Nama : Tinu Permata Sari
    Nim. : 170141357
    Kelas : 6D
    No. Absen : 25

    BalasHapus
  10. Hadir. Nama: Laras Ariska. Nim: 170141335. Kls: 6D. No absen: 05

    BalasHapus
  11. Nama : Nazilah
    Nim : 170141364
    Kelas : 6D
    No.absen : 32
    Hadir

    BalasHapus
  12. Nama : Silvia Rusmita
    Nim : 170141365
    Kelas: VI / D
    No.Absen : 33
    Hadir

    BalasHapus
  13. Hadir
    Nama : Rona siwula
    Nim : 170141346
    Kelas : 6D
    No. Absen : 15

    BalasHapus
  14. Hadir_6D_12_Ririen Hermina_170141343

    BalasHapus
  15. Hadir
    Nama : Salvira Gustiyarti
    Nim : 170141349
    Kelas : 6D
    No. Absen : 18

    BalasHapus
  16. Hadir
    Nama : Tini Permata Sari
    Nim :170141357
    Kelas : 6D
    No. Absen : 25

    BalasHapus
  17. Hadir_6D_03_Jihan Nabilah Chaerani_170141333

    BalasHapus
  18. Hadir_6D_30_Ade Saputra_170141362

    BalasHapus
  19. Hadir
    Nama : febryan daputra
    Nim: 170141361
    Kelas: 6d
    No absen.29

    BalasHapus
  20. Hadir_6D_31_Ananda Herviani Putri_170141363

    BalasHapus
  21. Nama : salmawati
    NIM :170141348
    Kelas : 6 D
    No. Absen : 17

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum wr. Wb
    Hadir_6/D_28_Yesi_170141360

    BalasHapus
  23. Hadir_6D_7_Pebri Yuliana_170141337

    BalasHapus
  24. Nama: shera utari
    Nim : 170141352
    Kelas : 6D
    No absen: 21

    BalasHapus
  25. Nama: shera utari
    Nim : 170141352
    Kelas : 6D
    No absen: 21

    BalasHapus
  26. Nama: PEGI ADHA
    NIM : 170141338
    KELAS: 6D
    NO absen:8

    BalasHapus
  27. Nama : Idi Amin
    NIM :170141332
    Kelas:6D
    No absen :02

    BalasHapus
  28. Nama : Septian Dwi puja
    Nim : 170141350
    Kelas : 6d
    No absen : 19

    BalasHapus
  29. Nama :Sony Pranata
    Nim : 170141356
    Kelas :6D
    Ni. Absen :24

    BalasHapus
  30. Hadir
    Nama : Winda Nuriani
    Nim : 170141359
    Kelas : 6D
    No. Absen : 27

    BalasHapus
  31. Nama: silawati
    Nim: 170141353
    Kelas : 6D
    No. Absen: 22
    Hadir

    BalasHapus
  32. Nama : Fatayah Nur Isnani
    Nim : 170141329
    Kelas : 6C
    No absen : 36

    BalasHapus
  33. Nama : muhammad ikhsan
    Nim : 170141300
    Kelas : 6C
    No. Absen : 8
    Hadir

    BalasHapus
  34. Nama : Arswendi
    Nim : 170141303
    Kelas : PGSD 6C
    No Absen : 11
    Hadir

    BalasHapus
  35. Nama :Angela Listin
    NIM :170141316
    Kelas : 6C
    No. Absen : 24
    Hadir

    BalasHapus
  36. Nama : Diana
    Nim : 170141322
    Kelas : 6C
    No absen : 28

    BalasHapus
  37. Nama: regita cahya
    Nim:170141305
    Kelas:6c
    No absen:13

    BalasHapus
  38. Nama:Edwir Fyanurdin
    Nim:170141326
    Kelas:6C
    No.absen:33
    Hadir

    BalasHapus
  39. Nama : Dila Monic
    NIM : 170141324
    Kelas : VIC
    No absen : 31
    Hadir

    BalasHapus
  40. Nama :Eva Yulia
    Nim: 170141328
    kelas:6C PGSD
    No Absen : 36
    Hadir

    BalasHapus
  41. Nama : Ryan Rinaldy
    Nim: 170141301
    Kelas : 6/C
    No.absen : 08
    Hadir

    BalasHapus
  42. Hadir
    Mama : Dita Hardiani
    NIM :170141325
    Kelas: 6c
    No. Absent :32

    BalasHapus
  43. Nama bela sintia
    Nim 170141318
    Kelas 6C
    No absen 25
    Hadirr

    BalasHapus
  44. Nama bela sintia
    Nim 170141318
    Kelas 6C
    No absen 25
    Hadirr

    BalasHapus
  45. Nama : Elis Anggrayani
    NIM : 170141327
    Kelas : 6C
    No. Absen : 34
    Hadir

    BalasHapus
  46. Nama : bima putra dewa
    Nim :170141319
    Kelas : 6c
    No absen : 27
    Hadir

    BalasHapus
  47. Hadir
    Nama : Shella Yulima
    Nim : 170141299
    Kelas : 6C
    No. Absen : 07

    BalasHapus
  48. Nama: Desy Sartika
    Nim: 170141320
    Kls:6c
    No. Absen : 28
    Hadir

    BalasHapus
  49. Nama : Nurdiana Rembulan
    Nim : 170141306
    Kelas :6C
    No absen : 14
    Hadir pak

    BalasHapus



  50. Nama : Novy Yudiastika
    Nim : 170141296
    kelas: VI/C
    No.Absen : 05
    Hadir

    BalasHapus
  51. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  52. Nama :Ahmad syahrial
    NIM : 170141313
    Kelas : Pgsd 6 C
    No Absen : 19
    Hadir..

    BalasHapus
  53. Nama bela sintia
    Nim 170141318
    Kelas 6C
    No absen 25
    Hadirrr pak

    BalasHapus
  54. Nama agung kabungsu
    Nim : 170141312
    No absen :18
    Kelas :6
    HADIR

    BalasHapus
  55. Nama : Anistia dwi aprilianti
    Nim : 170141317
    No absen : 24
    Kelas : VI/C
    Hadir pak

    BalasHapus
  56. Nama:rinasapitri
    Nim :170141294
    No absen : 01
    Kelas :VI/C
    Hadir pak

    BalasHapus
  57. Nama dianto

    Kelas 6c
    NIM 170141323
    Hadir

    BalasHapus
  58. Nama : febbi widia
    Nim : 170141298
    No absen : 06
    Kelas : 6c
    Hadie

    BalasHapus
  59. nama: ade kurniawati
    nim : 170141309
    no.absen: 17
    kelas: 6C
    Hadirr pak

    BalasHapus
  60. Nama : akhirudin
    Nim : 170141314
    No absen : 21
    Kelas : 6c
    Hadirr

    BalasHapus
  61. Nama : Andika Dwi Prasetia
    Nima : 170141315
    No Absen : 23
    Kelas : VI/C
    Hadir pak

    BalasHapus
  62. Nama:Rinasapitri
    Nim :170141294
    No absen :04
    Kelas :VI/C
    Hadir pak

    BalasHapus
  63. Nama : dinda safitri
    nim : 170141311
    no absen : 17
    kls : 6c
    haudr pak

    BalasHapus
  64. Nama sopian
    Nim 170141302
    No absen 08
    Kelas 6C

    BalasHapus
  65. Nama:Melsandi
    NIM: 170141304
    no Absen: 13
    Kelas : VI C
    hadir pak

    BalasHapus
  66. Nama : Amanda
    Nim : 170141310
    No absen : 18
    Kelas : VI C
    Hadir pak

    BalasHapus
  67. Nama : Syaid alfany
    Nim. : 190141640
    No. : 01
    Kelas : 2d
    Hadir pak

    BalasHapus
  68. Nama : Syaid alfany
    Nim. : 190141640
    No. : 01
    Kelas : 2d
    Hadir pak

    BalasHapus
  69. Nama : ardelia Putri azharine
    Nim:190141665
    No absen: 26
    Kelas: 2 D
    Hadir pak

    BalasHapus
  70. Nama : ratih surya dewani
    Nim : 180141492
    No.absen : 23
    Kelas : PGSD 4C
    Hadir pak

    BalasHapus
  71. Hadir
    Nama : Harsela Eftia
    Nim : 180141474
    No absen : 08
    Kelas : 4C

    BalasHapus
  72. Nama : Devi
    Nim : 180141475
    No absen : 10
    Kelas : 4C
    Hadir pak

    BalasHapus
  73. Nama:sefty amelya
    Nim:180141509
    Kelas:pgsd 4c
    No absen : 39
    Hadir pak

    BalasHapus
  74. Nama :jacky mahendra
    NIM : 180141477
    No Absen : 12
    Kelas :4C
    Hadir pak

    BalasHapus
  75. Hadir
    Kelas : 4C
    No.Absen: 23
    Nama : Ira Sabrina
    Nim : 180141493

    BalasHapus
  76. Hadir
    Nama monika septiasari
    Nim 180141488
    Kelas 4c
    No absen 20

    BalasHapus
  77. Nama: Anita
    Nim: 180141496
    No Absen: 27
    Kelas : PGSD 4c
    Hadir pak

    BalasHapus
  78. Nama : Siti Rachma Dani
    Nim : 180141473
    No absen :7
    Kelas : 4C
    Hadir pak

    BalasHapus
  79. Nama : Suciva Triabela
    Nim : 180141476
    No absen : 11
    Kelas : 4C
    Hadir pak

    BalasHapus
  80. Nama : Memel ratu Pebrial
    Nim : 180141494
    Kelas : 4c
    No absen : 25
    Hadir pak

    BalasHapus
  81. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  82. Hadir
    Nama : Desi verawati
    Nim :180141465
    Kelas 4c
    No absen 02

    BalasHapus
  83. Nama :Disti monica
    Nim :180141505
    Kelas:4c PGSD
    No absen :35
    Hadir pak

    BalasHapus
  84. nama : Tenty endianah
    NIM:180141501
    No absen: 30
    kelas :4C
    hadir pak

    BalasHapus
  85. Hadir
    Nama : Fara Dillah Ocktavia
    Nim : 180141491
    Kelas 4 C
    No absen 22

    BalasHapus
  86. Nama : Melianti
    NIM : 180141479
    No Absen : 13
    Kelas : 4C
    Hadir pak..

    BalasHapus
  87. Hadir
    No Absen : 05
    Kelas : 4C
    Nama : Muhammad Rifandi Sadira
    Nim : 180141470

    BalasHapus
  88. Hadir
    Kelas : IV C
    No.Absen : 034
    Nama : Delillah
    NIM : 180141504

    BalasHapus
  89. Nama : Lili Karni Sulastri
    Nim : 180141506
    No absen : 36
    Hadir pak

    BalasHapus
  90. Nama : Cindi Ravena Yunita
    Nim 180141469
    Kelas : PGSD 4c
    No absen : 04
    Hadir pak

    BalasHapus
  91. Hadir pak
    Nama : Divta Salendri
    Nim :180141490
    No absen 21

    BalasHapus
  92. Nama : Anisa
    Nim :180141510
    No Absen :40
    Hadir pak

    BalasHapus
  93. Hadir pak
    Nama : Divta Salendri
    Nim :180141490
    Kelas : PGSS 4c
    No absen :21

    BalasHapus
  94. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  95. Hadir
    Nama: Risda Septiyani
    NIM : 180141511
    No Absen: 41
    Kelas: 4c

    BalasHapus
  96. Nama:Mita Dwi Ayuningtyas
    Nim:180141497
    No.abse: 28
    Kelas:4c
    Hadir

    BalasHapus
  97. Hadir
    Nama : Jaya Anggara
    Nim : 180141487
    Kelas 4 C
    No absen 19

    BalasHapus
  98. Nama: Siti Nur Oktaviani
    Nim : 180141503
    No absen: 33
    Kelas : IV C
    Hadir pak

    BalasHapus
  99. Nama : Siti Khofifah Lestari
    Nim : 180141507
    Kelas: 4C
    No. Absen : 37
    Hadir pak

    BalasHapus
  100. Nama: Abdul Rahim
    Nim : 180141513
    No absen: 43
    Kelas : IV C
    Hadir pak

    BalasHapus
  101. Nama : nadia
    Nim :180141484
    Kelas :IV C
    No absen : 16
    Hadir pak

    BalasHapus
  102. Nama : Widya Ayu Lestari
    Nim : 180141466
    Kelas :4C
    No absen : 3
    Hadir pak

    BalasHapus
  103. Hadir
    Nama : Desi Puspitasari
    Nim : 180141485
    No absn: 17
    Klas: 4C

    BalasHapus
  104. Nama : bella meliyana
    Nim : 180141508
    Kelas :4C
    No absen :38
    Hadir pak

    BalasHapus
  105. Nama : Wiwik
    Nim : 180141483
    No absen : 15
    Kelas : PGSD 4C
    Hadir pak

    BalasHapus
  106. Nama : Kevin Triansyah
    Nim : 180141439
    No absen : 01
    Kelas : PGSD 4C
    Hadir pak

    BalasHapus
  107. Nama : susta dewi
    Nim : 180141495
    No absen : 26
    Kelas : IV C PGSD
    Hadir pak

    BalasHapus
  108. HADIR
    Nama : Yusela Firani
    NIM : 180141471
    NO ABSEN : 06
    Kelas : IV C PGSD

    BalasHapus
  109. Hadir
    Nama :emy sartina
    Kelas :4c pgsd
    Nim :180141502
    No absen :32

    BalasHapus
  110. Nama : indah meilia
    Nim : 180141481
    No absen : 14
    Kelas : 4C
    Hadir

    BalasHapus
  111. Hadir
    Nama :firda emiliyani
    Kelas : pgsd 4c
    Nim :180141498
    No absen :29

    BalasHapus
  112. Hadir
    Nama:regita cahya
    Kelas:6c Pgsd
    Nim:170141305
    No absen:13

    BalasHapus