Rabu, 15 Juli 2020

Pertemuan ke 15 kelas IV C

Pertemuan ke 15 kelas IV C
  1. Mahasiswa menilai hasil video pembelajaran oleh teman mahasiswa lain.
  2. Cara menilai dengan menggunakan google form yang ada dibawah ini.
  3. Setiap mahasiswa harus menilai semua karya video pembelajaran lainnya tanpa terkecuali.
  4. Untuk presensi akan dilihat dari hasil pengiriman penilaian dibawah.
  5. Waktu pengisian sesuai pertemuan perkuliahan diadakan.
  6. Sifat jujur diperlukan untuk menentukan tingkat keberhasilan hasil video pembelajaran yang dibuat,
 Link penilaian sebagai berikut.
1. Google Form 4C/25. MEMEL RATU PEBRIAL
       Video 

 2. Google Form 4C/26. SUSTA DEWI
       Video

3. Google Form 4C/27. ANITA
       Video

4. Google Form 4C/25. EMY SARTINA
       Video

5. Google Form 4C/31. TENTY ENDIANAH
       Video

6. Google Form 4C/34. DELILLAH
       Video 



 

Tugas Kuliah Konsep Dasar IPS beserta UAS Kelas 2 E

Tugas Kuliah Konsep Dasar IPS beserta UAS Kelas 2 E



1. Membuat Video Pembelajaran disertai dengan makalah.
2. Tugas dikerjakan secara kelompok maksimal 3 orang.
3. Pembagian kelompok diserahkan pada kelas masing-masing.
4. Setiap kelompok membahas 1 materi pembahasan.
5. ketentuan video pembelajaran:
a. Isian bebas, bisa menggunakan rekaman diri sendiri atau menggunakan tulisan dan animasi bergerak (inovatif, variatif, kreatif)
b. Durasi maksimal 10 menit.
c. Menggunakan pembukaan salam perkenalan diri dan tema yang akan dibahas, kemudian isi pembahasan dan penutup sertakan ucapan terimakasih dan salam.
6. Ketentuan makalah:
a. Makalah berisikan pembahasan yang akan ditampilkan pada video pembelajaran.
b. Isian dari makalah terdiri dari cover, kata pengantar, daftar isi, rumusan malasah, isi pembahasan, kesimpulan dan 10 soal dan jawaban, dan daftar pustaka.
c. Minimal halaman makalah 10 lembar terdiri dari rumusan masalah, isi pembahasan, kesimpulan soal dan jawaban, dan daftar pustaka.
d. boleh menggunakan gambar jika bisa.
7. Pembagian materi pembahasan:
a. Pengertian dan tujuan Konsep Dasar IPS 
b. Paradigma Pendidikan IPS di Indonesia  
c. Tujuan Pendidikan IPS 
d. Konsep Dasar IPS 
      e. Lingkungan Fisik Wilayah Nusantara & Hubungannya dengan Manusia 
      f. Kemajemukan RAS, Etnik & Agama Nusantara
g. Kebudayaan hindu, Budha dan china
h. Kebudayaan Barat dan Kebudayaan Islam
i. Kurikulum IPS di Indonesia
j. Prinsip-prinsip Pembelajaran IPS  
k. Model Pembelajaran KDI yang Kreatif, Inovatif dan Menyenangkan
8. Pengumpulan tugas menggunakan kaset CD yang berisikan Video pembelajaran dan makalah, dengan keterangan nama kelompok, NIM, Kelas, dan Judul pembahasan.
9. Video pembelajaran tidak diperbolehkan untuk di upload di sosial media terutama Youtube. karena akan dipergunakan untuk penilaian secara daring.
10. Batas waktu pengumpulan hari Sabru tanggal 18 Juli 2020 pukul 15.00 WIB di meja Bapak Iqbal.

Presensi Hari ini

1. Unduh 2 arikel jurnal Volume 1 Nomor 2 Tahun 2019 untuk no absen genap kemudian tulis judul dan penulis pada kolom komentar dibawah ini beserta ketik: Hadir/Kelas/No Absen/Nama/NIM.
2. Unduh 2 arikel jurnal Volume 2 Nomor 1 Tahun 2020 untuk no absen ganjil kemudian tulis judul dan penulis pada kolom komentar dibawab ini beserta ketik: Hadir/Kelas/No Absen/Nama/NIM.
3. Klik "Archives" untuk memilih Volume terbitan.
Klik disini: Jurnal Cendekiawan PGSD

Senin, 13 Juli 2020

Tugas Kuliah Konsep Dasar IPS beserta UAS Kelas 2 D

Tugas Kuliah Konsep Dasar IPS beserta UAS Kelas 2 D



1. Membuat Video Pembelajaran disertai dengan makalah.
2. Tugas dikerjakan secara kelompok maksimal 3 orang.
3. Pembagian kelompok diserahkan pada kelas masing-masing.
4. ketentuan video pembelajaran:
a. Isian bebas, bisa menggunakan rekaman diri sendiri atau menggunakan tulisan dan animasi bergerak (inovatif, variatif, kreatif)
b. Durasi maksimal 10 menit.
c. Menggunakan pembukaan salam perkenalan diri dan tema yang akan dibahas, kemudian isi pembahasan dan penutup sertakan ucapan terimakasih dan salam.
5. Ketentuan makalah:
a. Makalah berisikan pembahasan yang akan ditampilkan pada video pembelajaran.
b. Isian dari makalah terdiri dari cover, kata pengantar, daftar isi, rumusan malasah, isi pembahasan, kesimpulan dan 10 soal dan jawaban, dan daftar pustaka.
c. Minimal halaman makalah 10 lembar terdiri dari rumusan masalah, isi pembahasan, kesimpulan soal dan jawaban, dan daftar pustaka.
d. boleh menggunakan gambar jika bisa.
6. Pembagian materi pembahasan:
a. Pengertian dan tujuan Konsep Dasar IPS 
b. Paradigma Pendidikan IPS di Indonesia  
c. Tujuan Pendidikan IPS 
d. Konsep Dasar IPS 
        e. Lingkungan Fisik Wilayah Nusantara & Hubungannya dengan Manusia 
        f. Kemajemukan RAS, Etnik & Agama Nusantara
g. Kebudayaan hindu, Budha dan china
h. Kebudayaan Barat dan Kebudayaan Islam
i. Kurikulum IPS di Indonesia
j. Prinsip-prinsip Pembelajaran IPS  
k. Model Pembelajaran KDI yang Kreatif, Inovatif dan Menyenangkan
7. Pengumpulan tugas menggunakan kaset CD yang berisikan Video pembelajaran dan makalah, dengan keterangan nama kelompok, NIM, Kelas, dan Judul pembahasan.
8. Video pembelajaran tidak diperbolehkan untuk di upload di sosial media terutama Youtube. karena akan dipergunakan untuk penilaian secara daring.
9. Batas waktu pengumpulan hari Jum'at tanggal 17 Juli 2020 pukul 15.00 WIB di meja Bapak Iqbal.

Presensi Hari ini

1. Unduh 2 arikel jurnal Volume 1 Nomor 2 Tahun 2019 untuk no absen genap kemudian tulis judul dan penulis pada kolom komentar dibawah ini beserta ketik: Hadir/Kelas/No Absen/Nama/NIM.
2. Unduh 2 arikel jurnal Volume 2 Nomor 1 Tahun 2020 untuk no absen ganjil kemudian tulis judul dan penulis pada kolom komentar dibawab ini beserta ketik: Hadir/Kelas/No Absen/Nama/NIM.
3. Klik "Archives" untuk memilih Volume terbitan.
Klik disini: Jurnal Cendekiawan PGSD

Pertemuan ke 14 kelas VIC

Pertemuan ke 14 kelas VIC
  1. Mahasiswa menilai hasil video pembelajaran oleh teman mahasiswa lain.
  2. Cara menilai dengan menggunakan google form yang ada dibawah ini.
  3. Setiap mahasiswa harus menilai semua karya video pembelajaran lainnya tanpa terkecuali.
  4. Untuk presensi akan dilihat dari hasil pengiriman penilaian dibawah.
  5. Waktu pengisian sesuai pertemuan perkuliahan diadakan.
  6. Sifat jujur diperlukan untuk menentukan tingkat keberhasilan hasil video pembelajaran yang dibuat,
 Link penilaian sebagai berikut.
1. Google Form 6C/12. MELSANDI
    Video

2. Google Form 6C/13. REGITA CAHYA
    Video

3. Google Form 6C/14. NURDIANA REMBULAN
    Video
 

4. Google Form 6C/16. IRVAN FIRDAUS
    Video
 

5. Google Form 6C/18. AMANDA
    Video
 

6. Google Form 19. DINDA SAFITRI
    Video
 

7. Google Form 6C/20. AGUNG KABUNGSU
    Video
 
 
 

Minggu, 12 Juli 2020

Pertemuan ke 14 kelas VI D

Pertemuan ke 14 kelas VI D


  1. Mahasiswa menilai hasil video pembelajaran oleh teman mahasiswa lain.
  2. Cara menilai dengan menggunakan google form yang ada dibawah ini.
  3. Setiap mahasiswa harus menilai semua karya video pembelajaran lainnya tanpa terkecuali.
  4. Untuk presensi akan dilihat dari hasil pengiriman penilaian dibawah.
  5. Waktu pengisian sesuai pertemuan perkuliahan diadakan.
  6. Sifat jujur diperlukan untuk menentukan tingkat keberhasilan hasil video pembelajaran yang dibuat,
 Link penilaian sebagai berikut.
1. Google Form 6D/7. PEBRI YULIANA
     Video 
2. Google Form 6D/8. Pegi Adha
     Video
   Video
4. Google Form 6D/12. RIRIEN HERMINA
    Video
5. Google Form 6D/13. RISKI FEBRIANTY
     Video
6. Google Form 6D/14. RIZKI NURSAPITRI
     Video
7.Google Form 6D/15. RONA SIWULA
     Video
8. Google Form 6D/16. SADITA
     Video
9. Google Form 6D/17. SALMAWATI
     Video
10. Google Fprm 6D/18. SALVIRA GUSTIYARTI
     Video
 


Rabu, 08 Juli 2020

Pertemuan ke 14 kelas IV C

Pertemuan ke 14 kelas IV C
  1. Mahasiswa menilai hasil video pembelajaran oleh teman mahasiswa lain.
  2. Cara menilai dengan menggunakan google form yang ada dibawah ini.
  3. Setiap mahasiswa harus menilai semua karya video pembelajaran lainnya tanpa terkecuali.
  4. Untuk presensi akan dilihat dari hasil pengiriman penilaian dibawah.
  5. Waktu pengisian sesuai pertemuan perkuliahan diadakan.
  6. Sifat jujur diperlukan untuk menentukan tingkat keberhasilan hasil video pembelajaran yang dibuat,
 Link penilaian sebagai berikut.
1. Google Form 4C/16. NADIA
       Video 

2. Google Form 4C/17. DESI PUSPITASARI        
     Video
3. Google Form 4C/19. JAYA ANGGARA       
    Video
4. Google Form 4C/20. MONIKA SEPTIASARI
       Video

5. Google Form 4C/21. DIVTA SALENDRI
       Video
 

6. Google Form 4C/22. FARA DILLAH OCTAVIA
       Video
 
 

7. Google Form 4C/23. RATIH SURYA DEWAN
       Video
 

8. Google Form 4C/24. IRA SABRINA
       Video
 
 
 
 

Senin, 06 Juli 2020

PRINSIP-PRINSIP DASAR PEMBELAJARAN IPS

PRINSIP-PRINSIP DASAR PEMBELAJARAN IPS

 


1.      Pengertian prinsi-prinsip dasar pembelajaran
§  Prinsip adalah suatu pernyataan fundemental atau kebenaran umum maupun individual yang dijadikan oleh seseorang atau kelompok sebagai sebuah pedoman untuk berfikir atau bertindak.
§  Pembelajaran adalah suatu proses interaksi antara komponen-komponen sistem proses yang dapat menjadikan seseorang memperoleh ilmu pengetahuan dan pengalaman.
§  Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar. Sedangkan pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan penguasaan kemahiran dan tabit, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik.
Prinsip juga dikatakan juga sebagai landasan prinsip pembelajaran menurut Larsen dan Frame (1986 dalam supani dkk1997/1998) adalah “ Refresent the theoretical frame work of the meted “ maksudnya prinsip pembelajaran adalah kerangka teoritis sebuah metode pembelajaran, kerangka teoritis adalah teori-teori yang mengarahkan harus bagaimana sebuah metode dilihat dari segi :
1.      Bahan yang akan dibelajarkan
2.      Prosedur pembelajaran ( bagaimana siswa belajar dan bagaiman guru mengajarkan bahan ajar ).
3.      Gurunya
4.      Siswanya
2.      Integrated ( terpadu )
Pembelajarn terpadu adalah pembelajaran yang menggunakan pendekatan antara bidang study, menggabungkan bidang study dengan cara menetapkan prioritas kurikuler dan menemukan keterampilan, konsep dan sikap yang saling tumpang tindih dalam beberapa bidang studi. Mengajar harus dipandang sebagai usaha mengembangkan seluruh pribadi peserta didik. Mengajar bukan hanya mengembangkan kemampuan kognitif saja, tetapi juga meliputi aspek dan psikomotorik. Model pembelajaran integrated yaitu memadukan sejumlah topik dari mata pelajaran yang berbeda tetapi nintinya sama.
3.      Interaksi ( kerjasama )
Interaksi merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, sehingga manusia harus mampu melakukan secar verbal maupun non verbal. Didalam interaksi harus memiliki 3 unsur yaitu:
-          Komunikator ( orang yang melakukan komunnikasi )
-          Konikon ( orang yang dijadikan sasaran atau objek )
-          Informasi ( bahan yang dijadikan komunikasi atau interaksi )
Hal ini diperlikan karena manusia mempunyai naluri untuk berinterksi, berhubungan dan bergaul sesamanya sejak dilahirkan hingga sepanjang hidupnya. Interaksi dapat semakin bertambah sejalan dengan semakin meluasnya pergaulan dan seorang dengan bertambahnya usia seseorang.
4.      Kesinambungan dan peruubahan
sejumlah nilai simbol dan kebiasaan yang lahir dari satu generasi senantiasa dipeihara dan disosialisasikan kepada generasi berikutny. Meskipun terjadi pembauran dan perubahan, tetapi inti dan muatan nilai, simbol, dan kebiasaannya tetapi diteruskan secara berkesinambungan. Kesinambungan kehidupan dalam masyarakat terjai karena adanya lembaga perkawinan. Melalui lembaga perkawinan manusia dilahirkan dan dapat melanjutkan keturunan yang kemudian melakukan perkawinan pola. Kesinambungan terjadi berbagi aspek kehidupan mayarakat. Sedangkan perubahan sosial terjadi karena berbagi sebab, antaralain: politik, ekonomi, dan lain-lain.
5.      Kooperatif ( kerjasama )
Pembelajaran koperatif merupakan bentuk pembelajaran dengna cara siswa belajar dan belajar dalam kelompok-kelompok kecil secara koferatif yang anggotanya terjadi dan empat sampai enam orang, dengan struktur kelomok yang bersifat netrogen.
Pembelajaran kooperatif adalah strategi pembelajaran yang melibatkan partisipasi siswa dalam satu kelompok kecil untuk saling berinteraksi ( Nuruln Na’jah) dalam sistem belajar yang kooperatif, siswa belajar kerjasama dengan anggota lainnya. Dalam model ini siswa memiliki dan tanggung jawab, yaitu mereka belajar untuk dirinya sendiri dan membantu sesama anggota kelompok untuk belajar. Siswa belajar bersama dengan sebuah kelompok untuk belajar.
6.      Konstektual
Pembelajaran konstektual merupakan konsep belajar yang membantu guru menggantikan antara materi yang diajarkannya dengan situasi. Dunia nyata siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat :
-          Komponen pembelajaran kontekstual
-          Menjalin hubungan yang bermakna
-          Mengerjakan pekerjaan yang berarti
-          Melakukan proses belajar yang diatur sendiri
-          Mengadakan kabolarasi
-          Berpikir kritis dan kreatif
-          Memberikan layanan dan individual
-          Mengupayakan pencapaian standar yang tinggi
-          Menggunakan asesmen atentik
7.      Inkuiri ( menemukan )
Pembelajaran inkuiri merupakan kegiatan inti dan CTL, melalui upaya menemukan akan memberikan penegasan bahwa, pengetahuan dan keterampilan setra kemapuan-kemampuan lain yang diperlukan bukan merupakan hasil dan mengingat faktor-faktor tetapi merupakan hasil menemukan, hasil menemukan sendiri, kegiatan pembelajaran yang mengaruh pada upaya menemukan telahlama diperkenalkan pula dalam pembelajaran inkuiri.
Dilihat dari segi kemampuan secara emosional, sesuatu hasil yang menemukan sendiri nilai kepuasan lebih tinggi dibandingkan dengan hasil hasil pemberian. Dimana hasil pembelajaran merupakan hasil dan kreatifitas siswa sendiri,akan bersifat lebih tahan lam diingat oleh siswa bila dibandingkan dengan sepenuhnya pemberian dari guru. Untuk menumbuhkan kebiasaan siswa secara kreatif agar bisa menemukan pengalaman belajarnya sendiri.
8.      Problem Solring
Pembelajran problem solring merupakan memecahkan masalah pada tingkat ini pada peserta didik, belajar merumuskan untuk memecahkan masalah memberikan respon terhadap rangsangan yang menggambarkan alat membangkitkan situasi problem, maka yang mempergunakan faidah yang telah dikuasai.
9.      Keterampilan sosia
Keterampilan kerjasama itu diperlukan melalui aktifitas dalam kegiatan pembelajan secara berkelompok , dengan demikian siswa perlu untuk mau dan sanggup berinteraksi dengan anggota lain dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Ips terkadang dicangkup sebagai pembelajran keterampilan, oleh karena itu menyangkut berbagai hal yang dibutuhkan oleh seseorang sebagai warga mastarakat ataupun sebagi warga negara. Jadi IPS adalah keterampilan belajar dan keterampilan berpikir kritis.
Pilar dari koperatif antaralain :
-          Ketergantungan yang positif
-          Tanggung jawab individu ( tanggung jawab pribadi )
-          Harus bertatap muka
-          Motifasi dan komunikasi
-          Problem ( pemecahan masalah )
 
 
 
_Presensi:
    Tulis pada kolong komentar Nama-No Absen-NIM-Kelas