Kamis, 15 Oktober 2020

Mata Kuliah Strategi Pembelajaran di SD Pertemuan ke 4 3F

 Mata Kuliah Strategi Pembelajaran di SD Pertemuan ke 4 3F



Penilaian video pembelajaran model-model pembelajaran

Link penilaian sebagai berikut:

1. Kelompok 1 Klik Disini (Google Form)

2. kelompok  2 Klik Disini (Google Form)

3. Kelompok 3  Klik Disini (Google Form)

4. kelompok 6  Klik Disini (Google Form)

Rabu, 14 Oktober 2020

Mata Kuliah Strategi Pembelajaran di SD Pertemuan ke 4 3D

 Mata Kuliah Strategi Pembelajaran di SD Pertemuan ke 4 3D



Penilaian video pembelajaran model-model pembelajaran

Link penilaian sebagai berikut:

1. Kelompok 1 Klik disini (Google Form)

2. kelompok 3  Klik disini (Google Form)

3. Kelompok 4  Klik disini (Google Form)

4. kelompok 8  Klik disini (Google Form)


Rabu, 30 September 2020

MK Strategi Pembelajaran Materi 2 Hakikat Strategi Pembelajaran di SD

 Materi 2 Hakikat Strategi Pembelajaran di SD

 

A.    Hakikat Strategi Pembelajaran di SD

1.      Pengertian Strategi Pembelajaran

Pembelajaran di Sekolah Dasar merupakan pembelajaran yang beriontasi pada pembelajaran karakter, pembelajaran yang direncanakan dengan baik akan menghasilkan dampak yang baik jika pelaksanaan sesuai dengan perencanaan. Untuk lebih memahami pengertian dasar pembelajaran di SD akan dipaparkan pengertiannya. Sehingga akan ada pandangan tentang pembelajaran itu seperti apa.

Kata strategi berasal dari bahasa yunani yaitu strategos yang artinya kegiatan yang dilakukan untuk mencapai kemenangan dalam peperangan. Strategi juga diartikan sebagai ‘cara’, ‘trik’, ‘kiat’, atau ‘siasat’. Dahulu digunakan dalam lingkungan militer namun istilah strategi digunakan dalam berbagai bidang yang memiliki esensi yang relatif sama termasuk diadopsi dalam konteks pembelajaran yang dikemukakan oleh beberapa ahli dalam bidang strategi pembelajaran. Supaya dapat memperjelas pengertian mengenai strategi pembelajaran berikut adalah pengertian strategi dari para ahli:

Ahmad (2013:18-19) menyatakan kata pembelajaran merupakan perpaduan dari dua aktivitas belajar dan mengajar. Aktivitas belajar secara metodologis cenderung lebih dominan pada siswa, sementara mengajar secara instruksional dilakukan oleh guru. Jadi, istilah pembelajaran adalah ringkasan dari kata belajar dan mengajar. Dengan demikian, pembelajaran merupakan penyederhanaan dari kata belajar dan mengajar atau disebut (BM). Proses belajar mengajar (PBM), atau kegiatan belajar mengajar (KBM). Dari penyataan tersebut bahwasannya pembelajaran terdiri dari dua aktivitas yakni belajar dan mengajar dan ada interaksi anatara guru dan peserta didik didalamnya.

Istilah pembelajaran dan penggunaannya masih tergolongan baru, yang mulai populer semenjak lahirnya Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003. Menurut undang-undang ini pembelajaran diartikan sebagai pola interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Menurut pengertian ini, pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidikan agar terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan, kemahiran  dan tabiat, serta pembentukan sikap dan keyakinan pada peserta didik. Dengan demikian pembelajaran merupakan proses untuk membantu peserta didik supaya dapat belajar dengan baik. Namun jika dalam implementasinya, sering kali kata pembelajaran ini diartikan dengan mengajar, Ahmad (2013:19).

Pembelajaran merupakan langkah-langkah yang dilakukan dalam belajar mengajar oleh pedidik terhadap peserta didik dalam rangka mencapai tujuan tertentu sehingga peserta didik mendapatkan ilmu pengetahuan. Ilmu yang didapat oleh peserta didik dapat berupa pemehaman dari materi pembelajaran, kemahiran atau keterampilan serta sikap atau tabiat yang baik. Dengan demikian hal yang didapat peserta didik mencakup tiga aspek yakni aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif.

Secara umum strategi memiliki makna sebuah langkah yang luas dalam pembelajaran untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan. Dikaitkan dengan belajar mengajar, strategi dapat diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru dengan peserta didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan. Sehingga persiapan dan langkah-langkah yang dilakukan dalam proses pembelajaran memiliki arah dan jutuan.

Dalam pembelajaran,strategi meliputi empat hal di antaranya:

a.       Mengidentifikasi serta menetapkan spisifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku dan kepribadian peserta didik sebagaimana yang diharapkan.

b.      Memilih sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan aspirasi dan pandangan hidup masyarakat.

c.       Memilih dan menetapkan prosedur, metode, dan teknik belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan guru dalam menentukan kegiatan pengajaran.

d.      Menetapkan norma-norma dan batas minimal keberhasilan atau kriteria serta standar keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melakukan evaluasi hasil kegiatan belajar mengajar yang selanjutnya akan dijadikan umpan balik buat penyempurnaan sistem instruksional yang bersangkutan secara keseluruhan.

Martinis (2013:2) mendefinisikan strategi sebagai 5P, yaitu: strategi sebagai perspectif, strategi sebagai posisi, strategi sebagai perencanaan, strategi sebagai perencanaan, strategi sebagai pola kegiatan, dan strategi sebagai penipuan yaitu muslihat rahasia. Sebagai perspektif di mana strategi dalam membentuk misi, msii menggambarkan perspektif kepada semua aktivitas. Sebagai poisi, dimana dicari pilihan untuk bersaing. Sebagai perencanaan, dalam hal strategi menentukan tujuan performansi perusahaan. Sebagai pola kegiatan, diaman dalam strategi dibentuk suatu pola, yaitu umpan balik dan penyesuaian. Dapat di simpulkan bahwa strategi adalah suatu upaya yang dijadikan acuan dalam proses kegiatan belajar mengajar sehingga terciptanya standar pembelajaran yang bermutu dan tercapai tujuan pembelajaran.

2.      Perbedaan Model, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran

Pembelajaran merupakan kegiatan yang didalamnya terjadi interaksi guru dengan peserta didik, interaksi yang mengkasi suatu materi untuk mencapai tujuan tertentu. Seperti yang diungkapkan oleh Syaful (2010:61) pembelajaran adalah membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan. Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah, mengajar dilakukan pihak guru sebagai pendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh siswa atau peserta didik.

Setelah mencermati pengertian atau konsep strategi pembelajaran, perlu kita ketahui pula tentang istilah lain yang erat kaitanya dengan strategi pembelajaran dan memiliki keterkaitan makna yaitu pendekatan, metode dan teknik. Kata pendekatan, metode, dan teknik pasti tidak asing lagi. Untuk memperjelas maksud dari pendekatan, metode, dan teknik, perlu kita pahami terlebih dahulu maksud dari pendekatan dalam konteks pembelajaran dan strategi pembelajaran. Dengan memahami pengertian tersebut akan mempermudah dalam pemahaman, masing-masing istilah pastinya memiliki perbedaan dan jelas pula keterkaitan maknanya dalam konteks pembelajaran.

Pendekatan pembelajaran, istilah pendekatan secara harfiah dalam kamus besar bahasa indonesia diartikan sebagai “proses, perbuatan, cara mendekati”. Pendekatan adalah cara umum pengajar mengamati persoalan atau obyek sehingga diperoleh kesan tertentu. Seperti yang diungkapkan oleh Raka (2008) pendekatan diartikan sebagai cara umum dalam memandang permasalahan dan obyek kajian, sehingga berdamppak ibarat seseorang menggunakan kacamata tertentu dalam memandang alam. Contohnya pendekatan sistem dalam pembelajaran, artinya memandang pembelajaran sebagai suatu sistem yang terdiri dari komponen-komponen satu dengan yang lain, sehingga terjadi interaksi yang berhubungan dan saling ketergantungan.

Strategi pembelajaran, strategi pembelajaran yang menentukan pendekatan atau langkah-langkah dari awal hingga akhir pembelajaran yang dilakukan oleh guru atau pengajar sehingga tercapainya tujuan pembelajaran.

Metode, menurut Sutikno (2009:88) metode pembelajaran adalah cara-cara menyajian materi pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan. Dengan demikian metode merupakan cara atau langkah-langkah yang dilakukan pengajar untuk memberikan materi terhadap peserta didik.

Teknik pembelajaran merupakan penjelasan dari metode pembelajaran. metode pembelajaran akan dijelaskan lebih rinci dengan teknik pembelajaran, teknik pembelajaran meliputi cara yang dilakukan pengajar dalam mengimplementasikan metode pembelajaran. seperti cara seorang pengajar dalam memaparkan materi, dengan ceramah, tanya jawab, diskusi atau membaca materi. Teknik pembelajaran ini akan mengarah kepada tujuan dari pembelajaran.

Dari paparan diatas pastinya akan memberikan pengertian dari yang sebelumnya belum mengerti. Akan tetapi selain dari pengertian yang sudah dipahami ada perbedaan pengertian antara model, strategi, metode, dan teknik. Berikut akan dipaparkan gambar mengenai perbedaan model, strategi, metode, dan teknik pembelajaran.


Gambar 1 Perbedaan Model, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran

Dari gambar di atas dapat dijelaskan bahwa strategi merupakan bagian dari model pembelajaran, dan ada yang namanya metode pembelajaran, serta teknik mengajar. Untuk lebih jelasnya akan dipaparkan istilah-istilah tersebut:

Pendekatan pembelajaran, pendekatan merupakan cara seseorang dalam memandang persoalan atau obyek sehingga diperoleh kesan tertentu. Seperti yang disampaikan Soli Abimayu (2008:123) pendekatan diartikan sebagai cara umum dalam memandang permasalahan dan obyek kajian sehingga berdampak ibarat seseorang menggunakan kacamata tertentu dalam memandang alam. Contohnya pendekatan sistem dalam pembelajaran artinya memandang pembelajaran sebagai suatu sistem yang terdiri dari komponen-komponen satu sama lain saling berinteraksi berhubungan dan saling ketergantungan.

Instructional Models atau Model pembelajaran yakni mempresentasikan level lebih besar dari praktek pembelajaran dan menampilkan dasa dari filosofis pembelajaran. Sepertti yang dipaparkan Trianto (2011:29) model pembelajaran adalah salah satu pendekatan yang dirancang khusus untuk memunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang terstruktur dengan baik dan dapat diajarkan pola kegiatan yang bertahap, selangkah demi selangkah. Model pembelajaran diarahkan untuk menentukan strategi, model, keterampilan mengajar, dan aktivitas peserta didik di kelas.menurut Jyce model pembelajaran dibagi menjadi empat yakni, information processing, behaviourial, social interaction, and personal.

Instructional Strategies atau strategi pembelajaran yakni menentukan pendekatan dalam menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran, mulai dari awal dimulainya pembelajaran sampai akhir pembelajaran, perencanaan untuk nantinya diimplementasikan dalam pembelajaran akan dibuat dalam strategi pembelajaran. seperti yang disampaikan oleh Etin Solihatin (2012:4) strategi pembelajaran adalah pendekatan secara menyeluruh dalam suatu sistem pembelajaran, yang berupa pedoman umum dan kerangka kegiatan untuk mencapai tujuan umum pembelajaran, seperti halnyaexperimentalmerupakan proses dimana pengetahuan terkonstruksi melalui transformasi penngalaman atau belajar dari pengalaman, interactive, indirect, independent study, derect

Instructional Methods atau metode pembelajaran merupakan langkah untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata supaya tujuan tercapai secara optimal. Seperti yang diungkapkan Sutikno (2014:33-34) metode secara harfian yakni cara, dengan demikian metode dapat diartikan sebagai suatu cara atau prosedur yang dipakai untuk mencapai tujuan tertentu, dengan demikian metode pembelajaran adalah cara-cara menyajikan materi pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik supaya terjadi proses belajar pada diri peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode digunakan untuk merealisasikan strategi yang telah ditetapkan. Strategi digunakan dalam sebuah perencanaan dari awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran untuk mencapai tujuan tertentu, sedangkan metode merupakan cara yang digunakan untuk melaksanakan strategi. Dengan demikian suatu strategi dapat terlaksana ddengan adanya metode, seperti cooperative learning, debat, case studi (studi kasus), simulasi, inquiri. 

Instructional skillsatau teknik pembelajaran merupakan tindak lanjut dari metode pembelajaran, oleh sebab itu teknik pembelajaran dapat diartikan cara yang dilakukan oleh pengajar dalam rangka mengimplementasikan suatu metode. Tidak jauh berbeda dari pendapatnya Slameto (1991:90) teknik pembelajaran adalah suatu rencana tentang cara-cara pendayagunaan dan penggunaan potensi dan sarana yang ada untuk meningkatkan efektivitas da efisiensi (pengajaran). Dengan kata lain, teknik pembelajaran adalah cara yang dilakukan pengajar pada pelaksanaan tugas belajar mengajar yang telah diidentivikasikan atau di analisis dari awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran. untuk contohnya teknik dalam pengajaran yakni dengan ceramah, tanya jawab, evaluasi, atau presentasi. 

Dengan adanya gambaran perbedaan model pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, dan teknik pembelajaran, maka dapat ditentukan bahwa suatu strategi pembelajaran yang ditetapkan guru akan tergantng pada pendekatan yang digunakan, bahkan untuk menjalankan strategi itu sendiri supaya dapat terealisasikan harus ditentukan metode pembelajarannya. Begitu juga supaya metode pembelajaran dapat dijalankan dan diterima oleh peserta didik maka perlu adanya teknik pembelajaran yang dilakukan oleh pengajar pada saat menjalankan metode pembelajaran dengan teknik pembelajaran yang telah dirancang untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Tugas: Membuat Poster dari Materi Hakikat Strategi Pembelajaran di SD diatas
Ketentuan:
1. Format akhir pdf atau JPG,
2. Jika dibuat dengan tangan atau pada kertas karton, gunakan pewarna krayon atau spidol, dan harus harus di scan bentuk akhirnya.
3. Dapat menggunakan media kertas, leptop, komputer, atau hp.
4. Variasi warna dan bentuk sangat berpengaruh pada nilai tugas.
5. Tugas hanya dalam 1 lembar atau 1 file PDF atau JPG
6. Berikan keterangan pembuat dengan Nama, kelas, Judul materi, dan dosen pengampu, posisi terserah yang penting terlihat.

Pengumpulan tugas dan presensi pertemuan ke 2 Mata Kuliah Strategi Pembelajaran di SD Dosen Pengampu M. Iqbal Arrosyad, M.Pd Klik DIsini



Kamis, 23 Juli 2020

Pertemuan ke 16 kelas IV C

Pertemuan ke 16 kelas IV C
  1. Mahasiswa menilai hasil video pembelajaran oleh teman mahasiswa lain.
  2. Cara menilai dengan menggunakan google form yang ada dibawah ini.
  3. Setiap mahasiswa harus menilai semua karya video pembelajaran lainnya tanpa terkecuali.
  4. Waktu pengisian sesuai pertemuan perkuliahan diadakan.
  5. Sifat jujur diperlukan untuk menentukan tingkat keberhasilan hasil video pembelajaran yang dibuat,
  6. Presensi UAS tulis di kolong komentar : Hadir-Nama-Nomor absen-NIM-Kelas

 Link penilaian sebagai berikut.
   Video

Rabu, 22 Juli 2020

Kuliah Konsep Dasar IPS UAS Kelas 2 E

Kuliah Konsep Dasar IPS  UAS Kelas 2 E



1. Membuat Video Pembelajaran disertai dengan makalah.
2. Tugas dikerjakan secara kelompok maksimal 3 orang.
3. Pembagian kelompok diserahkan pada kelas masing-masing.
4. ketentuan video pembelajaran:
a. Isian bebas, bisa menggunakan rekaman diri sendiri atau menggunakan tulisan dan animasi bergerak (inovatif, variatif, kreatif)
b. Durasi maksimal 10 menit.
c. Menggunakan pembukaan salam perkenalan diri dan tema yang akan dibahas, kemudian isi pembahasan dan penutup sertakan ucapan terimakasih dan salam.
5. Ketentuan makalah:
a. Makalah berisikan pembahasan yang akan ditampilkan pada video pembelajaran.
b. Isian dari makalah terdiri dari cover, kata pengantar, daftar isi, rumusan malasah, isi pembahasan, kesimpulan dan 10 soal dan jawaban, dan daftar pustaka.
c. Minimal halaman makalah 10 lembar terdiri dari rumusan masalah, isi pembahasan, kesimpulan soal dan jawaban, dan daftar pustaka.
d. boleh menggunakan gambar jika bisa.
 
6. Video materi pembahasan:
      e. Lingkungan Fisik Wilayah Nusantara & Hubungannya dengan Manusia (kelompk 5)
      f. Kemajemukan RAS, Etnik & Agama Nusantara (kelompk 6)
 
Evaluasi video pembelajaran langsung saja klik Disini
 
Presensi UAS 2E, 
ketik: Hadir/Kelas/No Absen/Nama/NIM  pada kolong komentar

Pertemuan ke 16 kelas VI C

Pertemuan ke 16 kelas VI C


  1. Mahasiswa menilai hasil video pembelajaran oleh teman mahasiswa lain.
  2. Cara menilai dengan menggunakan google form yang ada dibawah ini.
  3. Setiap mahasiswa harus menilai semua karya video pembelajaran lainnya tanpa terkecuali.
  4. Waktu pengisian sesuai pertemuan perkuliahan diadakan.
  5. Sifat jujur diperlukan untuk menentukan tingkat keberhasilan hasil video pembelajaran yang dibuat,
  6. Presensi UAS tulis di kolong komentar : Hadir-Nama-Nomor absen-NIM-Kelas

 Link penilaian sebagai berikut.
1. Google Form 6C/2 Muhammad Rido
    Video
2. Google Form 6C/ 5 NOVY YUDIASTIKA
    Video
3. Google Form 6C/ 6 FEBBI WIDIA
    Video