Rabu, 08 Juli 2020

Pertemuan ke 14 kelas IV C

Pertemuan ke 14 kelas IV C
  1. Mahasiswa menilai hasil video pembelajaran oleh teman mahasiswa lain.
  2. Cara menilai dengan menggunakan google form yang ada dibawah ini.
  3. Setiap mahasiswa harus menilai semua karya video pembelajaran lainnya tanpa terkecuali.
  4. Untuk presensi akan dilihat dari hasil pengiriman penilaian dibawah.
  5. Waktu pengisian sesuai pertemuan perkuliahan diadakan.
  6. Sifat jujur diperlukan untuk menentukan tingkat keberhasilan hasil video pembelajaran yang dibuat,
 Link penilaian sebagai berikut.
1. Google Form 4C/16. NADIA
       Video 

2. Google Form 4C/17. DESI PUSPITASARI        
     Video
3. Google Form 4C/19. JAYA ANGGARA       
    Video
4. Google Form 4C/20. MONIKA SEPTIASARI
       Video

5. Google Form 4C/21. DIVTA SALENDRI
       Video
 

6. Google Form 4C/22. FARA DILLAH OCTAVIA
       Video
 
 

7. Google Form 4C/23. RATIH SURYA DEWAN
       Video
 

8. Google Form 4C/24. IRA SABRINA
       Video
 
 
 
 

Senin, 06 Juli 2020

PRINSIP-PRINSIP DASAR PEMBELAJARAN IPS

PRINSIP-PRINSIP DASAR PEMBELAJARAN IPS

 


1.      Pengertian prinsi-prinsip dasar pembelajaran
§  Prinsip adalah suatu pernyataan fundemental atau kebenaran umum maupun individual yang dijadikan oleh seseorang atau kelompok sebagai sebuah pedoman untuk berfikir atau bertindak.
§  Pembelajaran adalah suatu proses interaksi antara komponen-komponen sistem proses yang dapat menjadikan seseorang memperoleh ilmu pengetahuan dan pengalaman.
§  Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar. Sedangkan pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan penguasaan kemahiran dan tabit, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik.
Prinsip juga dikatakan juga sebagai landasan prinsip pembelajaran menurut Larsen dan Frame (1986 dalam supani dkk1997/1998) adalah “ Refresent the theoretical frame work of the meted “ maksudnya prinsip pembelajaran adalah kerangka teoritis sebuah metode pembelajaran, kerangka teoritis adalah teori-teori yang mengarahkan harus bagaimana sebuah metode dilihat dari segi :
1.      Bahan yang akan dibelajarkan
2.      Prosedur pembelajaran ( bagaimana siswa belajar dan bagaiman guru mengajarkan bahan ajar ).
3.      Gurunya
4.      Siswanya
2.      Integrated ( terpadu )
Pembelajarn terpadu adalah pembelajaran yang menggunakan pendekatan antara bidang study, menggabungkan bidang study dengan cara menetapkan prioritas kurikuler dan menemukan keterampilan, konsep dan sikap yang saling tumpang tindih dalam beberapa bidang studi. Mengajar harus dipandang sebagai usaha mengembangkan seluruh pribadi peserta didik. Mengajar bukan hanya mengembangkan kemampuan kognitif saja, tetapi juga meliputi aspek dan psikomotorik. Model pembelajaran integrated yaitu memadukan sejumlah topik dari mata pelajaran yang berbeda tetapi nintinya sama.
3.      Interaksi ( kerjasama )
Interaksi merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, sehingga manusia harus mampu melakukan secar verbal maupun non verbal. Didalam interaksi harus memiliki 3 unsur yaitu:
-          Komunikator ( orang yang melakukan komunnikasi )
-          Konikon ( orang yang dijadikan sasaran atau objek )
-          Informasi ( bahan yang dijadikan komunikasi atau interaksi )
Hal ini diperlikan karena manusia mempunyai naluri untuk berinterksi, berhubungan dan bergaul sesamanya sejak dilahirkan hingga sepanjang hidupnya. Interaksi dapat semakin bertambah sejalan dengan semakin meluasnya pergaulan dan seorang dengan bertambahnya usia seseorang.
4.      Kesinambungan dan peruubahan
sejumlah nilai simbol dan kebiasaan yang lahir dari satu generasi senantiasa dipeihara dan disosialisasikan kepada generasi berikutny. Meskipun terjadi pembauran dan perubahan, tetapi inti dan muatan nilai, simbol, dan kebiasaannya tetapi diteruskan secara berkesinambungan. Kesinambungan kehidupan dalam masyarakat terjai karena adanya lembaga perkawinan. Melalui lembaga perkawinan manusia dilahirkan dan dapat melanjutkan keturunan yang kemudian melakukan perkawinan pola. Kesinambungan terjadi berbagi aspek kehidupan mayarakat. Sedangkan perubahan sosial terjadi karena berbagi sebab, antaralain: politik, ekonomi, dan lain-lain.
5.      Kooperatif ( kerjasama )
Pembelajaran koperatif merupakan bentuk pembelajaran dengna cara siswa belajar dan belajar dalam kelompok-kelompok kecil secara koferatif yang anggotanya terjadi dan empat sampai enam orang, dengan struktur kelomok yang bersifat netrogen.
Pembelajaran kooperatif adalah strategi pembelajaran yang melibatkan partisipasi siswa dalam satu kelompok kecil untuk saling berinteraksi ( Nuruln Na’jah) dalam sistem belajar yang kooperatif, siswa belajar kerjasama dengan anggota lainnya. Dalam model ini siswa memiliki dan tanggung jawab, yaitu mereka belajar untuk dirinya sendiri dan membantu sesama anggota kelompok untuk belajar. Siswa belajar bersama dengan sebuah kelompok untuk belajar.
6.      Konstektual
Pembelajaran konstektual merupakan konsep belajar yang membantu guru menggantikan antara materi yang diajarkannya dengan situasi. Dunia nyata siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat :
-          Komponen pembelajaran kontekstual
-          Menjalin hubungan yang bermakna
-          Mengerjakan pekerjaan yang berarti
-          Melakukan proses belajar yang diatur sendiri
-          Mengadakan kabolarasi
-          Berpikir kritis dan kreatif
-          Memberikan layanan dan individual
-          Mengupayakan pencapaian standar yang tinggi
-          Menggunakan asesmen atentik
7.      Inkuiri ( menemukan )
Pembelajaran inkuiri merupakan kegiatan inti dan CTL, melalui upaya menemukan akan memberikan penegasan bahwa, pengetahuan dan keterampilan setra kemapuan-kemampuan lain yang diperlukan bukan merupakan hasil dan mengingat faktor-faktor tetapi merupakan hasil menemukan, hasil menemukan sendiri, kegiatan pembelajaran yang mengaruh pada upaya menemukan telahlama diperkenalkan pula dalam pembelajaran inkuiri.
Dilihat dari segi kemampuan secara emosional, sesuatu hasil yang menemukan sendiri nilai kepuasan lebih tinggi dibandingkan dengan hasil hasil pemberian. Dimana hasil pembelajaran merupakan hasil dan kreatifitas siswa sendiri,akan bersifat lebih tahan lam diingat oleh siswa bila dibandingkan dengan sepenuhnya pemberian dari guru. Untuk menumbuhkan kebiasaan siswa secara kreatif agar bisa menemukan pengalaman belajarnya sendiri.
8.      Problem Solring
Pembelajran problem solring merupakan memecahkan masalah pada tingkat ini pada peserta didik, belajar merumuskan untuk memecahkan masalah memberikan respon terhadap rangsangan yang menggambarkan alat membangkitkan situasi problem, maka yang mempergunakan faidah yang telah dikuasai.
9.      Keterampilan sosia
Keterampilan kerjasama itu diperlukan melalui aktifitas dalam kegiatan pembelajan secara berkelompok , dengan demikian siswa perlu untuk mau dan sanggup berinteraksi dengan anggota lain dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Ips terkadang dicangkup sebagai pembelajran keterampilan, oleh karena itu menyangkut berbagai hal yang dibutuhkan oleh seseorang sebagai warga mastarakat ataupun sebagi warga negara. Jadi IPS adalah keterampilan belajar dan keterampilan berpikir kritis.
Pilar dari koperatif antaralain :
-          Ketergantungan yang positif
-          Tanggung jawab individu ( tanggung jawab pribadi )
-          Harus bertatap muka
-          Motifasi dan komunikasi
-          Problem ( pemecahan masalah )
 
 
 
_Presensi:
    Tulis pada kolong komentar Nama-No Absen-NIM-Kelas 

Minggu, 05 Juli 2020

Pertemuan ke 14 kelas VIC

Pertemuan ke 14 kelas VIC
  1. Mahasiswa menilai hasil video pembelajaran oleh teman mahasiswa lain.
  2. Cara menilai dengan menggunakan google form yang ada dibawah ini.
  3. Setiap mahasiswa harus menilai semua karya video pembelajaran lainnya tanpa terkecuali.
  4. Untuk presensi akan dilihat dari hasil pengiriman penilaian dibawah.
  5. Waktu pengisian sesuai pertemuan perkuliahan diadakan.
  6. Sifat jujur diperlukan untuk menentukan tingkat keberhasilan hasil video pembelajaran yang dibuat,
 Link penilaian sebagai berikut.
1. Google Form 6C/8. MUHAMMAD IKHSAN
    Video
2. Google Form 6c/ 10. Sofian
    Video
3.  Google Form 6c/11 Arswendi
   Video 

Pertemuan ke 13 kelas VI D

Pertemuan ke 13 kelas VI D

  1. Mahasiswa menilai hasil video pembelajaran oleh teman mahasiswa lain.
  2. Cara menilai dengan menggunakan google form yang ada dibawah ini.
  3. Setiap mahasiswa harus menilai semua karya video pembelajaran lainnya tanpa terkecuali.
  4. Untuk presensi akan dilihat dari hasil pengiriman penilaian dibawah.
  5. Waktu pengisian sesuai pertemuan perkuliahan diadakan.
  6. Sifat jujur diperlukan untuk menentukan tingkat keberhasilan hasil video pembelajaran yang dibuat,
 Link penilaian sebagai berikut.
1. Google Form 6D/9. Rafita Syari
     Video
Rafita Syari
2. Google Form 6D/10. Rima Putri Puspitasary
     Video Rima Putri P

Rabu, 01 Juli 2020

Pertemuan ke 13 kelas IV C

Pertemuan ke 13 kelas IV C
  1. Mahasiswa menilai hasil video pembelajaran oleh teman mahasiswa lain.
  2. Cara menilai dengan menggunakan google form yang ada dibawah ini.
  3. Setiap mahasiswa harus menilai semua karya video pembelajaran lainnya tanpa terkecuali.
  4. Untuk presensi akan dilihat dari hasil pengiriman penilaian dibawah.
  5. Waktu pengisian sesuai pertemuan perkuliahan diadakan.
  6. Sifat jujur diperlukan untuk menentukan tingkat keberhasilan hasil video pembelajaran yang dibuat,
 Link penilaian sebagai berikut.
1. Google Form 4C/9. HARSELA EFTIA
       Video HARSELA EFTIA
 2. Google Form 4C/10. DEVI
       Video DEVI
3. Google Form 4C/11. SUCIVA TRIABELA
       Video SUCIVA TRIABELA
4. Google Form 4C/12. JACKY MAHENDRA
       Video JACKY MAHENDRA
5. Google Form 4C/13. MELIANTI
       Video MELIANTI
6. Google Form 4C/14. INDAH MEILIA
       Video INDAH MEILIA

Minggu, 28 Juni 2020

Pertemuan ke 12 kelas VI C

Pertemuan ke 12 kelas VIC
  1. Mahasiswa menilai hasil video pembelajaran oleh teman mahasiswa lain.
  2. Cara menilai dengan menggunakan google form yang ada dibawah ini.
  3. Setiap mahasiswa harus menilai semua karya video pembelajaran lainnya tanpa terkecuali.
  4. Untuk presensi akan dilihat dari hasil pengiriman penilaian dibawah.
  5. Waktu pengisian sesuai pertemuan perkuliahan diadakan.
  6. Sifat jujur diperlukan untuk menentukan tingkat keberhasilan hasil video pembelajaran yang dibuat,
 Link penilaian sebagai berikut.
1. Google Form 6C/1. Aprilia Mayangsari
2. Google Form 6C/2. Muhammad Rido
    Video Muhammad Rido
    Video RINA SAPITRI
5. Google Form 6C/5. NOVY YUDIASTIKA
   Video NOVY YUDIASTIKA
6. Google Form 6C/6. FEBBI WIDIA
    Video FEBBI WIDIA

Pertemuan ke 12 kelas VI D

Pertemuan ke 12 kelas VI D

  1. Mahasiswa menilai hasil video pembelajaran oleh teman mahasiswa lain.
  2. Cara menilai dengan menggunakan google form yang ada dibawah ini.
  3. Setiap mahasiswa harus menilai semua karya video pembelajaran lainnya tanpa terkecuali.
  4. Untuk presensi akan dilihat dari hasil pengiriman penilaian dibawah.
  5. Waktu pengisian sesuai pertemuan perkuliahan diadakan.
  6. Sifat jujur diperlukan untuk menentukan tingkat keberhasilan hasil video pembelajaran yang dibuat,
 Link penilaian sebagai berikut.
1. Google Form 6D/1. Fiharma Ulfathira
     Video Fiharma
2. Google Form 6D/2. Idiamin
    Video Idiamin
3. Google Form 6D/3. Jihan Nabilah
    Video Jihan Nabilah
4. Google Form 6D/4. Kusmawati Dewi
    Video Kusmawati Dewi
5. Google Form 6D/5. Laras Ariskan
   Video Laras Ariskan
6. Google Form 6D/6. Nori Oktapia
    Video Nori Oktapia

Rabu, 24 Juni 2020

Pertemuan ke 12 IV C

Perkuliahan Pembelajaran Terpadu Pertermuan ke 12 Kelas IV C


Pertemuan ke 12 kelas IV C 
Mahasiswa menilai hasil video pembelajaran oleh teman mahasiswa lain.
Cara menilai dengan menggunakan googlr form yang ada dibawah ini.
Setiap mahasiswa harus menilai semua karya video pembelajaran lainnya tanpa terkecuali.
Untuk presensi akan dilihat dari hasil pengiriman penilaian dibawah.
waktu pengisian sesuai pertemuan perkuliahan diadakan.
Sifat jujur diperlukan untuk menentukan tingkat keberhasilan hasil video pembelajaran yang dibuat,
Link penilaian klik langsung saja.
1.
4C/1. Kevin Triansyah Penilaian Hasil Video Pembelajaran 
Video Pembelajaran Kevin
2.
4C/2. DESI VERAWATI Penilaian Hasil Video Pembelajaran
Video Pembelajaran Desi
3.
4C/3. WIDIYA AYU LESTARI Penilaian Hasil Video Pembelajaran
Video Pembelajaran Widiya
 4.
4C/4. CINDI RAVENA YUNITA Penilaian Hasil Video Pembelajaran 
Video Pembelajaran Cindi
 5.
4C/5. MUHAMMAD RIFANDI SADIRA Penilaian Hasil Video Pembelajaran
Video Pembelajaran Rifandi
 6.
4C/6. YUSELA FIRANI Penilaian Hasil Video Pembelajaran
7.

Pertemuan ke 11 Konsep Dasar IPS Kelas II E

Pertemuan ke 11 Konsep Dasar IPS Kelas II E


Jawablah pertanyaan berikut ini:
1. Apa yang dimaksud dengan budaya?
2. Apa prebedaan budaya dan adat?
3. Sebutkan budaya yang ada di daerah tempat tinggalmu?
4. Mengapa budaya dapat dikenal oleh orang diluar daerah tersebut?
5. Sebutkan ciri-ciri kebudayaan?

Presensi
1. Unduh 2 arikel jurnal Volume 1 Nomor 1 Tahun 2019 untuk no absen genap kemudian tulis judul dan penulis pada kolom komentar dibawah ini beserta ketik: Hadir/Kelas/No Absen/Nama/NIM.
2. Unduh 2 arikel jurnal Volume 1 Nomor 2 Tahun 2019 untuk no absen ganjil kemudian tulis judul dan penulis pada kolom komentar dibawab ini beserta ketik: Hadir/Kelas/No Absen/Nama/NIM.
3. Klik "Archives" untuk memilih Volume terbitan.
Klik disini: Jurnal Cendekiawan PGSD

Minggu, 21 Juni 2020

Pertemuan ke 11 VI D Kegiatan Perkuliahan dan Tugas UAS Praktek Pembelajaran Terpadu

Pertemuan ke 11  VI D Kegiatan Perkuliahan dan Tugas UAS Praktek Pembelajaran Terpadu


Deskripsi: 
1. Membuat video pembelajaran sesuai dengan RPP Inovatif yang telah dibuat pada waktu UTS.
2. Isi dari video pembelajaran:
a. Intro yang bertuliskan:
1) Video pembelajaran Kelas ... Tema ... Sub Tema ... Pembelajaranke ...
2) Nama, NIM, Kelas
3) STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
b. SK dan KD dalam bentuk tulisan
c. Tujuan Pembelajaran dalam bentuk tulisan
d. Rekaman pembelajaran (ibarat menjadi guru sedang mengajar didalam kelas dengan anak-anak) diperbolehkan diruang kelas atau rumah, mengenakan pakaian sopan bukan kaos.
e. Rekaman pembelajaran berisikan kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran, kegiatan penutup atau evaluasi.
f. Menggunakan media sesuai yang tertera pada RPP Inovatif.
g. Ditambah tulisan subtitle di bawah untuk memperjelas apa yang diucapkan dalam video.
h. Akhir dari video berisikan ucapan terimakasih telah menyaksikan video ini dan doa semoga kita semua diberi kesehatan dan kemudahan dalam segala urusan.
i. Durasi maksimal 20 Menit.
3. Inovasi dan variasi dalam pembuatan video sangat mempengaruhi nilai UAS.
4. Pengumpulan video setiap mahasiswa, bukan perkelas dalam bentuk kaset DVD dengan keterangan nama, nim, kelas, dan tema subtema pembelajaran.
5. Pengumpulan tugas dimulai dari pertemuan ke 11 tanggal 22 Juni 2020.
6. Pertemuan 9 dan 10 tanggal 8 dan 15 Juni 2020 digunakan untuk mengerjakan tugas akan tetapi tetap presensi.
6. Pengumpulan tugas secara bertahap karena akan dinilai dan dianalisis oleh teman dan dosen dengan ketentuan yang akan diberikan pada setiap perkuliahan.
7. Pembagian waktu pengumpulan tugas:
a. Untuk nomor presensi 1 sampai 6 pengumpulan tugas tanggal 22 Juni 2020. 
b. Untuk nomor presensi 7 sampai 12 pengumpulan tugas tanggal 29 Juni 2020.
c. Untuk nomor presensi  13 sampai 18 pengumpulan tugas tanggal 6 Juli 2020.
d. Untuk nomor presensi 19 sampai 25 pengumpulan tugas tanggal 13 Juli 2020.
e. Untuk nomor presensi 26 sampai 33 pengumpulan tugas tanggal 20 Juli 2020.
 Presensi Pertemuan ke 11 Kelas VI D Pembelajaran Terpadu
1. Unduh 2 arikel jurnal Volume 1 Nomor 1 Tahun 2019 untuk no absen genap kemudian tulis judul dan penulis pada kolom komentar dibawah ini beserta ketik: Hadir/Kelas/No Absen/Nama/NIM.
2. Unduh 2 arikel jurnal Volume 1 Nomor 2 Tahun 2019 untuk no absen ganjil kemudian tulis judul dan penulis pada kolom komentar dibawab ini beserta ketik: Hadir/Kelas/No Absen/Nama/NIM.
3. Klik "Archives" untuk memilih Volume terbitan.
Klik disini: Jurnal Cendekiawan PGSD

Rabu, 17 Juni 2020

Pengertian dan tutorial membuat Video Pembelajaran

Video Pembelajaran

Pengertian Video Pembelajaran

Mengutip Arsyad dalam buku karya Rusman, dkk (2011) yang berjudul Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalisme Guru, video adalah serangkaian gambar bergerak disertai suara, yang membentuk kesatuan lalu dirangkai menjadi alur dan punya pesan-pesan di dalamnya.

Untuk itu, sesuai dengan arti videonya sendiri, video pembelajaran bisa berarti serangkaian bahan ajar yang diberikan melalui tayangan gambar bergerak disertai suar, alur, dan pesan-pesan. 

Mungkin pada zaman dulu, membuat video pembelajaran masih terbilang cukup sulit karena membutuhkan alat-alat khusus seperti handycam, kaset atau VCD, kemudian saat diputar pun harus menggunakan peralatan VTR atau VCD player. 

Beruntungnya, zaman sekarang sudah tidak sesulit itu. Bila tidak punya kamera digital, cukup gunakan media seperti smartphone, rekam, dan unggah ke portal belajar online atau Youtube. Sangat mudah dan simple, bukan?

Sekilas Tutorial Membuat Video Pembelajaran

Bagi Bapak/Ibu Guru yang belum pernah membuat video pembelajaran, berikut ini Quipper Blog berikan sekilas tutorial membuatnya dan cara mengunggahnya ke Youtube.

1. Tulis Skenario

Sama seperti membuat film, membuat video pembelajaran juga membutuhkan skenario, lho. Skenario ini berfungsi sebagai pemandu ke mana arah pembicaraan Bapak/Ibu Guru ketika direkam nanti. Tulis ringkasan materi bahan ajar yang nantinya bisa dibacakan di depan kamera.

2. Proses Rekaman

Nah, bagi Bapak/Ibu Guru yang punya kamera digital atau DSLR, boleh menggunakan kamera ini. Sediakan tripod dan lighting untuk mendukung proses rekaman agar lebih bagus dan stabil. Apabila tidak punya, sebenarnya bisa menggunakan kamera smartphone. Terlebih di masa kini, kamera smartphone pun sudah banyak sekali yang bagus dan jernih.

Jika tidak yakin suara akan terekam dengan baik dan jelas, Bapak/Ibu Guru bisa menyediakan alat voice recorder atau menggunakan smartphone, lalu letakkan di saku baju atau yang dekat dengan mulut.

3. Cari Ilustrasi

Ketika sudah merekam seluruh materi, langkah selanjutnya ialah memastikan video tersebut didukung oleh ilustrasi yang tepat. Misalnya saja tabel, diagram, animasi, gambar, atau data-data lain. Pastikan Bapak/Ibu Guru mencantumkan sumber saat memasukkan ilustrasi ini ke dalam video, ya.

4. Proses Editing

Ketika rekaman video dan ilustrasi sudah terkumpul, saatnya meng-edit video pembelajaran, nih. Ada banyak software yang bisa digunakan, misalnya saja Movie Maker dari Windows, Adobe Premiere, Corel Video Studio, dan lain-lain.

Dalam proses ini, Bapak/Ibu Guru dituntut untuk bisa berkreasi dan berpikir out of the box agar video pembelajaran bisa tetap seru, menyenangkan, dan tidak membuat jenuh siswa. 

Jika video dan ilustrasi sudah tergabung, silakan render video dalam format mp4 atau lainnya yang sesuai dengan ketentuan.

5. Proses Unggah/Upload

Bila videonya sudah jadi, langkah terakhir yang harus Bapak/Ibu Guru lakukan ialah mengunggahnya ke portal belajar atau situs web seperti Youtube. Daftarkan diri terlebih dulu di portal belajar atau situs web terkait, lalu pilih unggah video. Bila proses mengunggah sudah berhasil, maka Bapak/Ibu Guru bisa membagikan URL video pembelajaran tersebut pada para siswa.

Ciri-ciri Video Pembelajaran yang Baik


Menurut Bretz yang dikutip oleh Sadiman (2006 : 2) mengidentifikasi ciri utama dari media pembelajaran menjadi tiga unsur pokok :

a)Suara (sound), dibedakan pula menjadi media siar(telecommunication) dan media rekam (recording).


b) Visual, dibedakan menjadi tiga yaitu gambar, garis, dan symbol yang merupakan satu kontinum dari bentuk yang dapat ditangkap oleh indra penglihatan.

c) Gerak

Menurut Gerlach dan El yang dikutip oleh Arsyad (2004:12). ciri media pembelajaran yang layak digunakan dalam pembelajaran adalah sebagai berikut :

a) Fiksatif (fixative property), media pembelajaran mempunyai kemampuan untuk merekam, menyimpan, melestarikan, dan merekonstruksi suatu peristiwa/objek.

b) Manipulatif (manipulative property), kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat disajikan kepada siswa dalam waktu dua atau tiga menit dengan teknik pengambilan gambar time-lapse recording.

c) Distributif (distributive property), memungkinkan berbagai objek ditrasnportasikan melalui suatu tampilan yang terintegritas dan secara bersamaan objek dapat menggambarkan kondisi yang sama pada siswa dengan stimulus pengalaman yang relatif sama tentang kejadian itu.

Kegiatan Perkuliahan dan Tugas UAS IVC Pembelajaran Terpadu Pertemuan ke 11

Kegiatan Perkuliahan dan Tugas UAS IVC Pembelajaran Terpadu Pertemuan ke 11


Deskripsi: 
1. Membuat video pembelajaran sesuai dengan RPP Inovatif yang telah dibuat pada waktu UTS.
2. Isi dari video pembelajaran:
a. Intro yang bertuliskan:
1) Video pembelajaran Kelas ... Tema ... Sub Tema ... Pembelajaranke ...
2) Nama, NIM, Kelas
3) STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
b. SK dan KD dalam bentuk tulisan
c. Tujuan Pembelajaran dalam bentuk tulisan
d. Rekaman pembelajaran (ibarat menjadi guru sedang mengajar didalam kelas dengan anak-anak) diperbolehkan diruang kelas atau rumah, mengenakan pakaian sopan bukan kaos.
e. Rekaman pembelajaran berisikan kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran, kegiatan penutup atau evaluasi.
f. Menggunakan media sesuai yang tertera pada RPP Inovatif.
g. Ditambah tulisan subtitle di bawah untuk memperjelas apa yang diucapkan dalam video.
h. Akhir dari video berisikan ucapan terimakasih telah menyaksikan video ini dan doa semoga kita semua diberi kesehatan dan kemudahan dalam segala urusan.
i. Durasi maksimal 20 Menit.
3. Inovasi dan variasi dalam pembuatan video sangat mempengaruhi nilai UAS.
4. Pengumpulan video setiap mahasiswa, bukan perkelas dalam bentuk kaset DVD dengan keterangan nama, nim, kelas, dan tema subtema pembelajaran.
5. Pengumpulan tugas dimulai dari pertemuan ke 11 tanggal 18 Juni 2020.
6. Pertemuan 9 dan 10 tanggal 4 dan 11 Juni 2020 digunakan untuk mengerjakan tugas akan tetapi tetap presensi.
6. Pengumpulan tugas secara bertahap karena akan dinilai dan dianalisis oleh teman dan dosen dengan ketentuan yang akan diberikan pada setiap perkuliahan.
7. Pembagian waktu pengumpulan tugas:
a. Untuk nomor presensi 1 sampai 8 pengumpulan tugas tanggal 18 Juni 2020. 
b. Untuk nomor presensi 9 sampai 16 pengumpulan tugas tanggal 25 Juni 2020.
c. Untuk nomor presensi  17 sampai 24 pengumpulan tugas tanggal 2 Juli 2020.
d. Untuk nomor presensi 25 sampai 34 pengumpulan tugas tanggal 9 Juli 2020.
e. Untuk nomor presensi 35 sampai 44 pengumpulan tugas tanggal 16 Juli 2020.

 Presensi Pertemuan ke 11 Kelas IV C Pembelajaran Terpadu
1. Unduh 2 arikel jurnal Volume 1 Nomor 1 Tahun 2019 untuk no absen genap kemudian tulis judul dan penulis pada kolom komentar dibawah ini beserta ketik: Hadir/Kelas/No Absen/Nama/NIM.
2. Unduh 2 arikel jurnal Volume 1 Nomor 2 Tahun 2019 untuk no absen ganjil kemudian tulis judul dan penulis pada kolom komentar dibawab ini beserta ketik: Hadir/Kelas/No Absen/Nama/NIM.
3. Klik "Archives" untuk memilih Volume terbitan.
Klik disini: Jurnal Cendekiawan PGSD

Pertemuan Ke 11 Kegiatan Perkuliahan dan Tugas UAS VI C Praktek Pembelajaran Terpadu

Pertemuan Ke 11 Kegiatan Perkuliahan dan Tugas UAS VI C Praktek Pembelajaran Terpadu


Deskripsi: 
1. Membuat video pembelajaran sesuai dengan RPP Inovatif yang telah dibuat pada waktu UTS.
2. Isi dari video pembelajaran:
a. Intro yang bertuliskan:
1) Video pembelajaran Kelas ... Tema ... Sub Tema ... Pembelajaranke ...
2) Nama, NIM, Kelas
3) STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
b. SK dan KD dalam bentuk tulisan
c. Tujuan Pembelajaran dalam bentuk tulisan
d. Rekaman pembelajaran (ibarat menjadi guru sedang mengajar didalam kelas dengan anak-anak) diperbolehkan diruang kelas atau rumah, mengenakan pakaian sopan bukan kaos.
e. Rekaman pembelajaran berisikan kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran, kegiatan penutup atau evaluasi.
f. Menggunakan media sesuai yang tertera pada RPP Inovatif.
g. Ditambah tulisan subtitle di bawah untuk memperjelas apa yang diucapkan dalam video.
h. Akhir dari video berisikan ucapan terimakasih telah menyaksikan video ini dan doa semoga kita semua diberi kesehatan dan kemudahan dalam segala urusan.
i. Durasi maksimal 20 Menit.
3. Inovasi dan variasi dalam pembuatan video sangat mempengaruhi nilai UAS.
4. Pengumpulan video setiap mahasiswa, bukan perkelas dalam bentuk kaset DVD dengan keterangan nama, nim, kelas, dan tema subtema pembelajaran.
5. Pengumpulan tugas dimulai dari pertemuan ke 11 tanggal 22 Juni 2020.
6. Pertemuan 9 dan 10 tanggal 8 dan 15 Juni 2020 digunakan untuk mengerjakan tugas akan tetapi tetap presensi.
6. Pengumpulan tugas secara bertahap karena akan dinilai dan dianalisis oleh teman dan dosen dengan ketentuan yang akan diberikan pada setiap perkuliahan.
7. Pembagian waktu pengumpulan tugas:
a. Untuk nomor presensi 1 sampai 6 pengumpulan tugas tanggal 22 Juni 2020. 
b. Untuk nomor presensi 7 sampai 12 pengumpulan tugas tanggal 29 Juni 2020.
c. Untuk nomor presensi  13 sampai 18 pengumpulan tugas tanggal 6 Juli 2020.
d. Untuk nomor presensi 19 sampai 25 pengumpulan tugas tanggal 13 Juli 2020.
e. Untuk nomor presensi 26 sampai 33 pengumpulan tugas tanggal 20 Juli 2020.
 
 Presensi Pertemuan ke 11 Kelas VI C Praktek Pembelajaran Terpadu
1. Unduh 2 arikel jurnal Volume 1 Nomor 1 Tahun 2019 untuk no absen genap kemudian tulis judul dan penulis pada kolom komentar dibawah ini beserta ketik: Hadir/Kelas/No Absen/Nama/NIM.
2. Unduh 2 arikel jurnal Volume 1 Nomor 2 Tahun 2019 untuk no absen ganjil kemudian tulis judul dan penulis pada kolom komentar dibawab ini beserta ketik: Hadir/Kelas/No Absen/Nama/NIM.
3. Klik "Archives" untuk memilih Volume terbitan.
Klik disini: Jurnal Cendekiawan PGSD

Minggu, 07 Juni 2020

Kegiatan Perkuliahan dan Tugas UAS VI C Praktek Pembelajaran Terpadu Pertemuan Ke 9

Kegiatan Perkuliahan dan Tugas UAS VI C Praktek Pembelajaran Terpadu Pertemuan Ke 9 


Deskripsi: 
1. Membuat video pembelajaran sesuai dengan RPP Inovatif yang telah dibuat pada waktu UTS.
2. Isi dari video pembelajaran:
a. Intro yang bertuliskan:
1) Video pembelajaran Kelas ... Tema ... Sub Tema ... Pembelajaranke ...
2) Nama, NIM, Kelas
3) STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
b. SK dan KD dalam bentuk tulisan
c. Tujuan Pembelajaran dalam bentuk tulisan
d. Rekaman pembelajaran (ibarat menjadi guru sedang mengajar didalam kelas dengan anak-anak) diperbolehkan diruang kelas atau rumah, mengenakan pakaian sopan bukan kaos.
e. Rekaman pembelajaran berisikan kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran, kegiatan penutup atau evaluasi.
f. Menggunakan media sesuai yang tertera pada RPP Inovatif.
g. Ditambah tulisan subtitle di bawah untuk memperjelas apa yang diucapkan dalam video.
h. Akhir dari video berisikan ucapan terimakasih telah menyaksikan video ini dan doa semoga kita semua diberi kesehatan dan kemudahan dalam segala urusan.
i. Durasi maksimal 20 Menit.
3. Inovasi dan variasi dalam pembuatan video sangat mempengaruhi nilai UAS.
4. Pengumpulan video setiap mahasiswa, bukan perkelas dalam bentuk kaset DVD dengan keterangan nama, nim, kelas, dan tema subtema pembelajaran.
5. Pengumpulan tugas dimulai dari pertemuan ke 11 tanggal 22 Juni 2020.
6. Pertemuan 9 dan 10 tanggal 8 dan 15 Juni 2020 digunakan untuk mengerjakan tugas akan tetapi tetap presensi.
6. Pengumpulan tugas secara bertahap karena akan dinilai dan dianalisis oleh teman dan dosen dengan ketentuan yang akan diberikan pada setiap perkuliahan.
7. Pembagian waktu pengumpulan tugas:
a. Untuk nomor presensi 1 sampai 6 pengumpulan tugas tanggal 22 Juni 2020. 
b. Untuk nomor presensi 7 sampai 12 pengumpulan tugas tanggal 29 Juni 2020.
c. Untuk nomor presensi  13 sampai 18 pengumpulan tugas tanggal 6 Juli 2020.
d. Untuk nomor presensi 19 sampai 25 pengumpulan tugas tanggal 13 Juli 2020.
e. Untuk nomor presensi 26 sampai 33 pengumpulan tugas tanggal 20 Juli 2020.
 
 Presensi Pertemuan ke 9 Kelas VI C Praktek Pembelajaran Terpadu
1. Unduh 2 arikel jurnal Volume 1 Nomor 1 Tahun 2019 untuk no absen genap kemudian tulis judul dan penulis pada kolom komentar dibawah ini beserta ketik: Hadir/Kelas/No Absen/Nama/NIM.
2. Unduh 2 arikel jurnal Volume 1 Nomor 2 Tahun 2019 untuk no absen ganjil kemudian tulis judul dan penulis pada kolom komentar dibawab ini beserta ketik: Hadir/Kelas/No Absen/Nama/NIM.
3. Klik "Archives" untuk memilih Volume terbitan.
Klik disini: Jurnal Cendekiawan PGSD

Kegiatan Perkuliahan dan Tugas UAS VI D Praktek Pembelajaran Terpadu Pertemuan Ke 9

Kegiatan Perkuliahan dan Tugas UAS VI D Praktek Pembelajaran Terpadu

Pertemuan Ke 9


Deskripsi: 
1. Membuat video pembelajaran sesuai dengan RPP Inovatif yang telah dibuat pada waktu UTS.
2. Isi dari video pembelajaran:
a. Intro yang bertuliskan:
1) Video pembelajaran Kelas ... Tema ... Sub Tema ... Pembelajaranke ...
2) Nama, NIM, Kelas
3) STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
b. SK dan KD dalam bentuk tulisan
c. Tujuan Pembelajaran dalam bentuk tulisan
d. Rekaman pembelajaran (ibarat menjadi guru sedang mengajar didalam kelas dengan anak-anak) diperbolehkan diruang kelas atau rumah, mengenakan pakaian sopan bukan kaos.
e. Rekaman pembelajaran berisikan kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran, kegiatan penutup atau evaluasi.
f. Menggunakan media sesuai yang tertera pada RPP Inovatif.
g. Ditambah tulisan subtitle di bawah untuk memperjelas apa yang diucapkan dalam video.
h. Akhir dari video berisikan ucapan terimakasih telah menyaksikan video ini dan doa semoga kita semua diberi kesehatan dan kemudahan dalam segala urusan.
i. Durasi maksimal 20 Menit.
3. Inovasi dan variasi dalam pembuatan video sangat mempengaruhi nilai UAS.
4. Pengumpulan video setiap mahasiswa, bukan perkelas dalam bentuk kaset DVD dengan keterangan nama, nim, kelas, dan tema subtema pembelajaran.
5. Pengumpulan tugas dimulai dari pertemuan ke 11 tanggal 22 Juni 2020.
6. Pertemuan 9 dan 10 tanggal 8 dan 15 Juni 2020 digunakan untuk mengerjakan tugas akan tetapi tetap presensi.
6. Pengumpulan tugas secara bertahap karena akan dinilai dan dianalisis oleh teman dan dosen dengan ketentuan yang akan diberikan pada setiap perkuliahan.
7. Pembagian waktu pengumpulan tugas:
a. Untuk nomor presensi 1 sampai 6 pengumpulan tugas tanggal 22 Juni 2020. 
b. Untuk nomor presensi 7 sampai 12 pengumpulan tugas tanggal 29 Juni 2020.
c. Untuk nomor presensi  13 sampai 18 pengumpulan tugas tanggal 6 Juli 2020.
d. Untuk nomor presensi 19 sampai 25 pengumpulan tugas tanggal 13 Juli 2020.
e. Untuk nomor presensi 26 sampai 33 pengumpulan tugas tanggal 20 Juli 2020.
 Presensi Pertemuan ke 9 Kelas VI D Pembelajaran Terpadu
1. Unduh 2 arikel jurnal Volume 1 Nomor 1 Tahun 2019 untuk no absen genap kemudian tulis judul dan penulis pada kolom komentar dibawah ini beserta ketik: Hadir/Kelas/No Absen/Nama/NIM.
2. Unduh 2 arikel jurnal Volume 1 Nomor 2 Tahun 2019 untuk no absen ganjil kemudian tulis judul dan penulis pada kolom komentar dibawab ini beserta ketik: Hadir/Kelas/No Absen/Nama/NIM.
3. Klik "Archives" untuk memilih Volume terbitan.
Klik disini: Jurnal Cendekiawan PGSD

Rabu, 03 Juni 2020

Kegiatan Perkuliahan dan Tugas UAS IVC Pembelajaran Terpadu

Kegiatan Perkuliahan dan Tugas UAS IVC Pembelajaran Terpadu


Deskripsi: 
1. Membuat video pembelajaran sesuai dengan RPP Inovatif yang telah dibuat pada waktu UTS.
2. Isi dari video pembelajaran:
a. Intro yang bertuliskan:
1) Video pembelajaran Kelas ... Tema ... Sub Tema ... Pembelajaranke ...
2) Nama, NIM, Kelas
3) STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
b. SK dan KD dalam bentuk tulisan
c. Tujuan Pembelajaran dalam bentuk tulisan
d. Rekaman pembelajaran (ibarat menjadi guru sedang mengajar didalam kelas dengan anak-anak) diperbolehkan diruang kelas atau rumah, mengenakan pakaian sopan bukan kaos.
e. Rekaman pembelajaran berisikan kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran, kegiatan penutup atau evaluasi.
f. Menggunakan media sesuai yang tertera pada RPP Inovatif.
g. Ditambah tulisan subtitle di bawah untuk memperjelas apa yang diucapkan dalam video.
h. Akhir dari video berisikan ucapan terimakasih telah menyaksikan video ini dan doa semoga kita semua diberi kesehatan dan kemudahan dalam segala urusan.
i. Durasi maksimal 20 Menit.
3. Inovasi dan variasi dalam pembuatan video sangat mempengaruhi nilai UAS.
4. Pengumpulan video setiap mahasiswa, bukan perkelas dalam bentuk kaset DVD dengan keterangan nama, nim, kelas, dan tema subtema pembelajaran.
5. Pengumpulan tugas dimulai dari pertemuan ke 11 tanggal 18 Juni 2020.
6. Pertemuan 9 dan 10 tanggal 4 dan 11 Juni 2020 digunakan untuk mengerjakan tugas akan tetapi tetap presensi.
6. Pengumpulan tugas secara bertahap karena akan dinilai dan dianalisis oleh teman dan dosen dengan ketentuan yang akan diberikan pada setiap perkuliahan.
7. Pembagian waktu pengumpulan tugas:
a. Untuk nomor presensi 1 sampai 8 pengumpulan tugas tanggal 18 Juni 2020. 
b. Untuk nomor presensi 9 sampai 16 pengumpulan tugas tanggal 25 Juni 2020.
c. Untuk nomor presensi  17 sampai 24 pengumpulan tugas tanggal 2 Juli 2020.
d. Untuk nomor presensi 25 sampai 34 pengumpulan tugas tanggal 9 Juli 2020.
e. Untuk nomor presensi 35 sampai 44 pengumpulan tugas tanggal 16 Juli 2020.

 Presensi Pertemuan ke 9 Kelas IV C Pembelajaran Terpadu
1. Unduh 2 arikel jurnal Volume 1 Nomor 1 Tahun 2019 untuk no absen genap kemudian tulis judul dan penulis pada kolom komentar dibawah ini beserta ketik: Hadir/Kelas/No Absen/Nama/NIM.
2. Unduh 2 arikel jurnal Volume 1 Nomor 2 Tahun 2019 untuk no absen ganjil kemudian tulis judul dan penulis pada kolom komentar dibawab ini beserta ketik: Hadir/Kelas/No Absen/Nama/NIM.
3. Klik "Archives" untuk memilih Volume terbitan.
Klik disini: Jurnal Cendekiawan PGSD