Rabu, 16 Oktober 2019

Latihan Soal Landasan Pendidikan Materi 1, 2, dan 3


Latihan Soal 

Mata Kuliah Landasan Pendidikan
Materi 1 : Pengertian dan ASpek-Aspek Hakikat Manusia
Materi 2 : Hubungan Hakikat Manusia dengan Pendidikan
Materi 3 : Pendidikan, Martabat, dan Hak Asasi Manusia


Soal Pilihan Ganda

1) Di bawah ini yang bukan merupakan asas antropologis yang mendasari kesimpulan bahwa manusia mungkin didik atau dapat didik adalah asas .…
A.      dinamika

B.      potensialitas
C.      individualitas

D.      sosialitas

2)   Pendidikan bersifat normatif artinya adalah .…

A.      pendidikan dilaksanakan sepanjang hayat (long life education)
B.      pendidikan dilaksanakan secara terpadu dan terintegrasi

C.      pendidikan dilaksanakan berdasarkan keinginan pemerintah dan masyarakat
D.      pendidikan dilaksanakan hanya untuk membantu masyarakat miskin

3)   Manusia belum selesai menjadi manusia, ia dibebani keharusan untuk menjadi manusia, tetapi ia tidak sendirinya menjadi manusia. Adapun untuk menjadi manusia ia memerlukan pendidikan atau harus didik. “Man can become man through education only.” Teori pendidikan di atas merupakan pernyataan dari .…

A.      M.J. Langeveld

B.      Immanuel Kant
C.      Henderson

D.      Gehlen

4) Dalam istilah Martin Heidegger, benda-benda disebut sebagai yang berada (Seinde) dan bahwa benda-benda itu hanya “vorhanden”, artinya adalah .…

A.      hanya terletak begitu saja di depan orang dan adanya hubungan dengan orang itu
B.      hanya terletak begitu saja di depan orang, tanpa adanya hubungan dengan orang itu
C.      hanya terletak begitu saja tanpa diperhatikan oleh orang itu
D.      manusia memiliki peran dan tanggung jawab atas keberadaan dirinya dan benda-benda di  sekitarnya

5)  Sebagai insan sosial manusia hidup bersama dengan sesamanya, ia butuh bergaul dengan orang lain. Pernyataan di atas merupakan asas antropogis, yaitu ….

A.      asas moralitas

B.      asas sosialitas
C.      asas individualitas

D.      asas potensialitas

6)       Asas-asas perlunya pendidikan bagi manusia sebagai implikasi dari hakikat manusia terhadap perlunya pendidikan, kecuali .…
A.      manusia sebagai makhluk yang belum selesai
B.      tugas dan tujuan manusia adalah menjadi manusia

C.      perkembangan manusia bersifat terbuka
D.   perkembangan manusia bersifat tertutup
7)       Istilah etnologi merupakan istilah yang diberikan kepada para ahli ilmu .…

A.      ilmu kesehatan
B.      ilmu psikologi

C.      ilmu geologi
D.      ilmu bangsa-bangsa

8)  Berikut ini makna manusia sebagai makhluk yang belum selesai, kecuali .…

A.      manusia tidak mampu menciptakan dirinya sendiri

B.      manusia membutuhkan manusia lain untuk bersosialisasi
C.      manusia memiliki tanggung jawab atas keberadaan dirinya

D.      manusia secara aktif mengadakan dirinya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya

9) Kemampuan bersosialisasi, kesadaran akan tujuan hidup, dan kemampuan untuk hidup tidak dibawa manusia sejak kelahirannya melainkan harus diperoleh melalui .…

A.      proses politik
B.      proses ekonomi

C.      proses akulturasi budaya
D.      proses pendidikan

10) Manusia itu sebagai animal educandum dan ia memang adalah animal educabile, pernyataan di atas merupakan hasil dari studi fenomenologis yang dilakukan oleh .…

A.      M.J. Langeveld
B.      Immanuel Kant

C.      C.A. Van Versen
D.     Hendersen
11) Landasan berarti tumpuan dasar atau alas tempat bertumpu, titik tolak atau dasar pijakan, hal ini biasa bersifat material. Hal ini merupakan pengertian dari landasan pendidikan secara ....

A.      grammatikal
B.      klasikal

C.      leksikal
D.     pragmatisme
12) Asumsi-asumsi yang menjadi dasar pijakan atau sebagai titik tolak dalam rangka praktik pendidikan merupakan ….

A.      dasar pendidikan

B.      fungsi pendidikan
C.      landasan yuridis

D.      landasan filosofi

13)       Asumsi-asumsi yang bersumbu dan berbagai cabang atau disiplin ilmu yang menjadi titik tolak dalam rangka praktik pendidikan merupakan salah satu jenis landasan pendidikan, yaitu landasan .…

A.      ilmiah

B.      filosofi
C.      religius

D.      yuridis

14) Berikut ini adalah Peraturan Pemerintah (PP) yang merupakan landasan yuridis sistem pendidikan nasional Indonesia, kecuali ….
A.      Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 1990 tentang Pendidikan Prasekolah
B.      Peraturan Pemerintah No. 28 Tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar

C.    Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah
D.      Peraturan Pemerintah No. 73 Tahun 1991 tentang Pendidikan Anak Usia Dini

15) Pendidikan nasional harus berakar pada nilai-nilai agama, hal ini salah satunya dilandasi oleh isi Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyatakan bahwa ….

A.    Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa

B.  Negara memajukan kebudayaan nasional di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya
C.     Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia

D.     Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu
16) Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan ... pendidikan nasional.

A.      Fungsi
B.      Tujuan

C.      Akar
D.      Sifat

17) Untuk memahami landasan filosofis pendidikan adalah dengan menggunakan pendekatan filsafat ilmu yang meliputi tiga bidang kajian yaitu, kecuali ….

A.      metafisika
B.      sosiologi

C.      aksiologi
D.      epistemologi

18)  Aspek religius yang terdapat dalam Pancasila tercermin dalam sila ke ….

A.      2
B.      3

C.      4
D.      5

19) Kemampuan bersosialisasi, kesadaran akan tujuan hidup, dan kemampuan untuk hidup tidak dibawa manusia sejak kelahirannya melainkan harus diperoleh melalui .…

A.      metafisika
B.      sosiologi

C.      epistemologi
D.      aksiologi

20)  Tujuan pendidikan untuk berkembangnya potensi peserta didik terdapat dalam .…

A.      Pasal 1 UU RI No. 20 Tahun 2003

B.      Pasal 2 UU RI No. 20 Tahun 2003
C.      Pasal 3 UU RI No. 20 Tahun 2003

D.     Pasal 4 UU RI No. 20 Tahun 2003
21)  Suatu upaya dalam rangka membantu manusia (peserta didik) agar mampu hidup sesuai dengan martabat kemanusiaannya adalah definisi pendidikan sebagai ....

A.      self realization

B.      humanisasi
C.      moralisasi

D.      idealisasi

22) "Manusia menjadi manusia yang sebenarnya jika dapat merealisasikan hakikatnya secara total" (Henderson, 1959). Hal tersebut dapat terwujud jika menyadari dan memahami eksistensi manusia yang memiliki aspek sebagai berikut, kecuali ....

A.      enkulturasi
B.      moralitas

C.      individualitas
D.      sosialitas

23) Sebagai humanisasi pendidikan, antara lain berarti sebagai upaya pengembangan potensi manusia (sudut pandang psikologis), dalam pengertian tersebut berbagai potensi yang harus dikembangkan antara lain agar manusia senang berkomunikasi, berteman, menolong, membuat orang lain bahagia, dan bekerja sama. Potensi tersebut dinamakan juga ....

A.      Spiritual Quotient
B.      Social Quotient

C.      Emotional Quotient
D.      Intelligence Quotient

24)  Mengapa hak asasi adalah hak dasar atau pokok (KBBI, 1995) ….

A.     sebab hak asasi menunjukkan eksistensi manusia untuk menunjukkan identitasnya
B.     sebab hak asasi mampu memanusiakan manusia sehingga dapat merealisasikan hakikatnya secara total
C.     sebab hak asasi merupakan hak -hak alamiah yang tidak dapat dicabut karena itu adalah karunia Tuhan
D.    sebab hak asasi menjadi pelindung manusia untuk menjadi dirinya yang seutuhnya
25) Kecendrungan kalangan organisasi internasional untuk memperluas daftar hak asasi manusia antara lain hak atas pendidikan. Pernyataan hak tersebut ditulis dalam United States Information Agency (1991), yang berbunyi ....

A.      "Kesempatan pendidikan yang memadai harus menjadi hak bawaan setiap anak"
B.      "Tujuan pokok pendidikan nasional, dan dilihat dari segi ini pendidikan merupakan tugas         pemerintah yang adil"
C.      "Makna yang paling penting dalam dari persamaan sosial adalah kualitas kehidupan yang        sama bagi manusia, yang menuntut kualitas penyekolahan yang sama bagi semua"
D.    "Pendidikan sebagai upaya agar manusia memperoleh hak-haknya yang asasi"

1 komentar: