Mata Kuliah Landasan Pendidikan
Materi 1 : Pengertian dan ASpek-Aspek Hakikat Manusia
Materi 2 : Hubungan Hakikat Manusia dengan Pendidikan
Materi 3 : Pendidikan, Martabat, dan Hak Asasi Manusia
Soal Pilihan Ganda
1) Di bawah ini yang bukan merupakan
asas antropologis yang mendasari kesimpulan bahwa manusia mungkin didik atau
dapat didik adalah asas .…
A.
dinamika
B.
potensialitas
C.
individualitas
D.
sosialitas
2) Pendidikan
bersifat normatif artinya adalah .…
A.
pendidikan
dilaksanakan sepanjang hayat (long life
education)
B.
pendidikan
dilaksanakan secara terpadu dan terintegrasi
C.
pendidikan
dilaksanakan berdasarkan keinginan pemerintah dan masyarakat
D.
pendidikan
dilaksanakan hanya untuk membantu masyarakat miskin
3) Manusia
belum selesai menjadi manusia, ia dibebani keharusan untuk menjadi manusia,
tetapi ia tidak sendirinya menjadi manusia. Adapun untuk menjadi manusia ia
memerlukan pendidikan atau harus didik. “Man
can become man through education only.”
Teori pendidikan di atas merupakan pernyataan
dari .…
A.
M.J.
Langeveld
B.
Immanuel
Kant
C.
Henderson
D.
Gehlen
4) Dalam istilah Martin Heidegger,
benda-benda disebut sebagai yang berada (Seinde) dan bahwa benda-benda itu
hanya “vorhanden”, artinya adalah .…
A.
hanya
terletak begitu saja di depan orang dan adanya hubungan dengan orang itu
B.
hanya
terletak begitu saja di depan orang, tanpa adanya hubungan dengan orang itu
C.
hanya
terletak begitu saja tanpa diperhatikan oleh orang itu
D.
manusia
memiliki peran dan tanggung jawab atas keberadaan dirinya dan benda-benda di sekitarnya
5) Sebagai
insan sosial manusia hidup bersama dengan sesamanya, ia butuh bergaul dengan
orang lain. Pernyataan di atas merupakan asas antropogis, yaitu ….
A.
asas
moralitas
B.
asas sosialitas
C.
asas
individualitas
D.
asas
potensialitas
6)
Asas-asas
perlunya pendidikan bagi manusia sebagai implikasi dari hakikat manusia
terhadap perlunya pendidikan, kecuali
.…
A.
manusia
sebagai makhluk yang belum selesai
B.
tugas dan
tujuan manusia adalah menjadi manusia
C.
perkembangan
manusia bersifat terbuka
D. perkembangan manusia
bersifat tertutup
7) Istilah
etnologi merupakan istilah yang diberikan kepada para ahli ilmu .…
A.
ilmu
kesehatan
B.
ilmu
psikologi
C.
ilmu
geologi
D.
ilmu
bangsa-bangsa
8) Berikut
ini makna manusia sebagai makhluk yang belum selesai, kecuali .…
A.
manusia
tidak mampu menciptakan dirinya sendiri
B.
manusia
membutuhkan manusia lain untuk bersosialisasi
C.
manusia
memiliki tanggung jawab atas keberadaan dirinya
D.
manusia
secara aktif mengadakan dirinya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya
9) Kemampuan
bersosialisasi, kesadaran akan tujuan hidup, dan kemampuan untuk hidup tidak
dibawa manusia sejak kelahirannya melainkan harus diperoleh melalui .…
A.
proses
politik
B.
proses
ekonomi
C.
proses
akulturasi budaya
D.
proses
pendidikan
10) Manusia
itu sebagai animal educandum dan ia
memang adalah animal educabile, pernyataan di atas merupakan
hasil dari studi fenomenologis yang
dilakukan oleh .…
A.
M.J.
Langeveld
B.
Immanuel
Kant
C.
C.A. Van
Versen
D. Hendersen
11) Landasan
berarti tumpuan dasar atau alas tempat bertumpu, titik tolak atau dasar
pijakan, hal ini biasa bersifat material. Hal ini merupakan pengertian dari
landasan pendidikan secara ....
A.
grammatikal
B.
klasikal
C.
leksikal
D. pragmatisme
12) Asumsi-asumsi
yang menjadi dasar pijakan atau sebagai titik tolak dalam rangka praktik
pendidikan merupakan ….
A.
dasar
pendidikan
B.
fungsi
pendidikan
C.
landasan
yuridis
D.
landasan
filosofi
13)
Asumsi-asumsi
yang bersumbu dan berbagai cabang atau disiplin ilmu yang menjadi titik tolak
dalam rangka praktik pendidikan merupakan salah satu jenis landasan pendidikan,
yaitu landasan .…
A.
ilmiah
B.
filosofi
C.
religius
D.
yuridis
14) Berikut
ini adalah Peraturan Pemerintah (PP) yang merupakan landasan yuridis sistem
pendidikan nasional Indonesia, kecuali
….
A.
Peraturan
Pemerintah No. 27 Tahun 1990 tentang Pendidikan Prasekolah
B.
Peraturan
Pemerintah No. 28 Tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar
C. Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 1990
tentang Pendidikan Menengah
D.
Peraturan
Pemerintah No. 73 Tahun 1991 tentang Pendidikan Anak Usia Dini
15) Pendidikan
nasional harus berakar pada nilai-nilai agama, hal ini salah satunya dilandasi
oleh isi Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyatakan
bahwa ….
A. Negara
berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa
B. Negara
memajukan kebudayaan nasional di tengah peradaban dunia dengan menjamin
kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya
C. Pancasila
sebagai dasar Negara Republik Indonesia
D. Negara menjamin kemerdekaan
tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat
menurut agamanya dan kepercayaannya itu
16) Mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam
rangka mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan ... pendidikan nasional.
A.
Fungsi
B.
Tujuan
C.
Akar
D.
Sifat
17) Untuk
memahami landasan filosofis pendidikan adalah dengan menggunakan pendekatan
filsafat ilmu yang meliputi tiga bidang kajian yaitu, kecuali ….
A.
metafisika
B.
sosiologi
C.
aksiologi
D.
epistemologi
18) Aspek
religius yang terdapat dalam Pancasila tercermin dalam sila ke ….
A.
2
B.
3
C.
4
D.
5
19) Kemampuan
bersosialisasi, kesadaran akan tujuan hidup, dan kemampuan untuk hidup tidak
dibawa manusia sejak kelahirannya melainkan harus diperoleh melalui .…
A.
metafisika
B.
sosiologi
C.
epistemologi
D.
aksiologi
20) Tujuan
pendidikan untuk berkembangnya potensi peserta didik terdapat dalam .…
A.
Pasal 1
UU RI No. 20 Tahun 2003
B.
Pasal 2
UU RI No. 20 Tahun 2003
C.
Pasal 3
UU RI No. 20 Tahun 2003
D. Pasal 4 UU RI No. 20 Tahun
2003
21) Suatu upaya
dalam rangka membantu manusia (peserta didik) agar mampu hidup sesuai dengan
martabat kemanusiaannya adalah definisi pendidikan sebagai ....
A.
self realization
B.
humanisasi
C.
moralisasi
D.
idealisasi
22) "Manusia
menjadi manusia yang sebenarnya jika dapat merealisasikan hakikatnya secara
total" (Henderson, 1959). Hal tersebut dapat terwujud jika menyadari dan
memahami eksistensi manusia yang memiliki aspek sebagai berikut, kecuali ....
A.
enkulturasi
B.
moralitas
C.
individualitas
D.
sosialitas
23) Sebagai humanisasi pendidikan,
antara lain berarti sebagai upaya pengembangan potensi manusia (sudut pandang
psikologis), dalam pengertian tersebut berbagai potensi yang harus dikembangkan
antara lain agar manusia senang berkomunikasi, berteman, menolong, membuat
orang lain bahagia, dan bekerja sama. Potensi tersebut dinamakan juga ....
A.
Spiritual Quotient
B.
Social Quotient
C.
Emotional Quotient
D.
Intelligence Quotient
24) Mengapa
hak asasi adalah hak dasar atau pokok (KBBI, 1995) ….
A. sebab hak
asasi menunjukkan eksistensi manusia untuk menunjukkan identitasnya
B. sebab hak
asasi mampu memanusiakan manusia sehingga dapat merealisasikan hakikatnya
secara total
C. sebab hak
asasi merupakan hak -hak alamiah yang tidak dapat dicabut karena itu adalah
karunia Tuhan
D. sebab hak asasi menjadi
pelindung manusia untuk menjadi dirinya yang seutuhnya
25) Kecendrungan kalangan organisasi
internasional untuk memperluas daftar hak asasi manusia antara lain hak atas
pendidikan. Pernyataan hak tersebut ditulis dalam United States Information Agency
(1991), yang berbunyi ....
A.
"Kesempatan
pendidikan yang memadai harus menjadi hak bawaan setiap anak"
B.
"Tujuan
pokok pendidikan nasional, dan dilihat dari segi ini pendidikan merupakan tugas pemerintah yang adil"
C.
"Makna
yang paling penting dalam dari persamaan sosial adalah kualitas kehidupan yang sama bagi manusia, yang menuntut kualitas penyekolahan yang sama bagi
semua"
D. "Pendidikan sebagai
upaya agar manusia memperoleh hak-haknya yang asasi"
Hai Iqbal, salam pendidikan.. terimakasih sharing materinya
BalasHapus